Langsung ke konten utama

Disertasi

Tutorial Laporan Penelitian ~ Disertasi merupakan karya ilmiah berupa laporan penelitian yang ditulis oleh mahasiswa program Doktoral atau S3 pada akhir studi. Mahasiswa Strata 3 wajib menyusun disertasi sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan studinya.

Disertasi adalah karya ilmiah atau laporan penelitian tertulis yang disusun oleh Calon Doktor secara individu. Berbeda dengan tesis, disertasi berdasarkan hasil penelitian yang berisikan sumbangan bagi pengembangan ilmu pengetahuan.

Disertasi dapat dikatakan lebih berbobot dibandingkan dengan tesis. Artinya, disertasi memuat keterangan yang lebih luas dan argumen yang lebih kuat daripada tesis.

Dari aspek permasalahan disertasi diharapkan dapat menghasilkan sumbangan bagi pengembangan ilmu pengetahuan berupa penemuan baru. Permasalahan yang diangkat oleh disertasi hendaknya memiliki implikasi secara teoritis didasarkan pada pembuktian sejumlah hipotesis.

Kandidat doktor dituntut mencurahkan semua pengetahuan dan kemampuan analisisnya yang diperoleh sejak memulai mengikuti program. Untuk kelancaran penyusun disertasi, kandidat dokotr didampingi oleh tim promotor dalam proses penelitian yang dilakukan.

Link situs lain: Pencarian Jurnal | Laporan Penelitian

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…