Langsung ke konten utama

Link Digital Object Identifier atau DOI

Tutorial Laporan Penelitian ~ DOI atau Digital Object Identifier (www.doi.org) yang dikelola International DOI Foundation (IDF) merupakan sistem untuk mengidentifikasi objek konten dalam lingkungan digital yang ditugaskan menuju entitas pada jaringan internet.

Sistem ini digunakan untuk memberikan informasi atau data termasuk di mana sebuah konten dapat ditemukan di Internet. Sistem DOI pada dasarnya adalah sistem penghubung antara pelanggan dengan pengguna jasa.

IDF menyediakan kerangka identifikasi konten intelektual, metadata, fasilisitator perdagangan elektronik dan manajemen otomatis media. Objek digital dapat berubah dari waktu ke waktu dan dari satu tempat ke tempat yang lain, namun DOI tidak akan berubah. Contoh Penggunaan:

Sumber Artikel :

Tan, J. and Hare B. 2013. “Bonobos Share with Strangers”. PLoS ONE. 8(1): e51922. DOI:10.1371/journal.pone.0051922.

Letak Konten DOI :

10.1371/journal.pone.0051922

Link Akses Konten :

http://dx.doi.org/10.1371/journal.pone.0051922


Link situs lain: Pencarian Jurnal | Laporan Penelitian

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…