Langsung ke konten utama

Metrik Ranking Jurnal Impact Factors

Tutorial Laporan Penelitian ~ Impact Factors adalah metrik pengukuran evaluasi jurnal olah Journal Citation Report (JCR) yaitu bagian dari produk Thomson Reuters ISI (Institute for Scientific Information).

Impact Factors menjadi standar umum yang selama ini digunakan untuk menilai pengaruh suatu jurnal. JCR menyediakan alat kuantitatif untuk mengevaluasi peringkat suatu jurnal.

Kriteri utama penghitungan Impact Factors adalah frekuensi "artikel rata-rata" di jurnal yang dikutip dalam jangka waktu tertentu. Dihitung berdasarkan periode 3 tahun dan dapat dianggap sebagai rata-rata jumlah penerbitan laporan yang dikutip sampai 2 tahun setelah publikasi.

Misalnya, Impact Factors untuk tahun 2013 dihitung sebagai berikut:
A=jumlah artikel diterbitkan pada tahun 2011-2012 yang dikutip dalam sitasi jurnal selama tahun 2013
B=jumlah artikel, ulasan, proses atau catatan yang diterbitkan pada tahun 2011-2012
Impact Factors untuk tahun 2013 = A/B. Impact Factors tahun 2012 dilaporkan pada tahun 2013 karena tidak bisa dihitung sampai semua publikasi 2012 telah final. Impact Factors 2013 akan diterbitkan pada tahun 2014.

Berikut metrik rangking 10 besar berdasarkan jumlah poin Impact Factors dari Journal Citation Report (JCR) pada tahun 2011:
  1. Cancer Journal for Clinicians (101.78)
  2. The New England Journal of Medicine (53.298)
  3. Annual Review of Immunology (52.761)
  4. Reviews of Modern Physics (43.933)
  5. Chemical Reviews (40.197)
  6. Nature Reviews Molecular Biology (39.123)
  7. Lancet (38.278)
  8. Nature Reviews Genetics (38.075)
  9. Nature Reviews Cancer (37.545)
  10. Advances in Physics (37.00)
JCR juga melaporkan peringkat berdasarkan skor alternatif yang menunjukan pengaruh suatu jurnal berdasarkan analisis jaringan dan informasi yang disukai para peneliti dan komunitas non komersial. Berikut metrik rangking 10 jurnal tahun 2011:
  1. Nature
  2. Proceedings of the National Academy of Sciences
  3. Science
  4. Physical Review Letters
  5. Journal of the American Chemical Society
  6. Physical Review B
  7. Journal of Biological Chemistry
  8. Applied Physics Letters
  9. New England Journal of Medicine
  10. Cell

Link situs lain: Pencarian Jurnal | Laporan Penelitian

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…