Langsung ke konten utama

Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Buku

Tutorial Laporan Penelitian ~ Setiap kutipan dari jurnal, buku, sumber sekunder, internet, publikasi organisasi pemerintah dan non pemerintah serta sumber-sumber lainnya harus di cantumkan dalam Daftar Pustaka.

Sumber-sumber yang dikutip sebagai rujukan dalam skripsi, tesis, disertasi dan jurnal ditulis dengan pereferensian (referencing) yang berbeda.

Setiap bidang studi memiliki aturan yang berbeda-beda, tapi secara umum nama penulis terdiri dari dua unsur atau lebih, nama akhir dicantumkan teriebih dahulu (dibalik).

Diurutkan sesuai abjad nama pengarang, gelar kesarjanaan misalnya Prof. Dr. Drs. dan lain-lain tidak dicantumkan. Pencantuman masing-masing pustaka tidak didahului dengan pencantuman nomor urut.

Pengetikan daftar pustaka berurutan memuat nama penulis (titik), tahun terbit (titik), judul buku (dicetak miring/tebal) (titik), edisi atau volume buku (titik), nama penerbit (titik dua) dan tempat penerbit (titik). Berikut contoh penulisan Daftar Pustaka dari sumber buku:

Satu penulis :

Utomo, Budi. 2013. Hukum Perdata. Penerbit Sejahtera: Yogyakarta.

Dua penulis :

Utomo, Budi dan Agus Setiawan. 2013. Hukum Perdata. Penerbit Sejahtera: Yogyakarta.

Tiga atau lebih penulis :

Utomo, B., Agus S dan Ramli T. 2013. Hukum Perdata. Penerbit Sejahtera: Yogyakarta.

Tidak ada penulis :

Hukum Perdata. 2013. Penerbit Sejahtera: Yogyakarta.

Penulis sama pada karya berbeda :

Utomo, Budi. 2012. Hukum Perjanjian. Penerbit Mandala: Surabaya.

Utomo, Budi. 2013. Hukum Perdata. Penerbit Sejahtera: Yogyakarta.

Penulis sama pada karya berbeda dengan tahun sama :

Utomo, Budi. 2013a. Hukum Perjanjian. Penerbit Mandala: Surabaya.

Utomo, Budi. 2013b. Hukum Perdata. Penerbit Sejahtera: Yogyakarta.

Editor :

Wahyuni, Sri (Editor). 2009. Dinamika Perbankan. Penerbit Sejahtera: Yogyakarta.

Buku dengan nomor edisi :

Utomo, Budi. 2013. Hukum Perdata. Edisi Ke-3. Penerbit Sejahtera: Yogyakarta.

Ensiklopedia atau Kamus :

Oxford English Dictionary. 1991. 3 ed.Oxford: Oxford University Press.

Artikel atau BAB dalam suatu buku :

Utomo, Budi. 2013. “Hukum Perdata” dalam Sri Wahyuni (Editor). Dinamika Perbankan. Penerbit Mandala: Surabaya.

E-Book :

Utomo, Budi. 2013. The Governance Relationship. Cornell Publising. Diakses 17 Februari 2013, dari Cornell Library.

Skripsi, Tesis, Disertasi :

Utomo, Budi. 2013. “Hubungan Pola Asuh Otoriter dengan Perilaku Anti Sosial Pada Remaja Awal”. Tesis Tidak Dipublikasikan, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Link situs lain: Pencarian Jurnal | Laporan Penelitian

Komentar

  1. terima kasih banyak untuk infonya yang bermanfaat sangat membantu sekali. mohon kunjungan balik di www.infourmasi.com

    BalasHapus

Poskan Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…