Skip to main content

Sistematika Penulisan Naskah ke Penerbit Jurnal

Tutorial Laporan Penelitian - Sistematika penulisan naskah salah satu syarat utama selain persyaratan substansional, material dan kode etik yang harus ditaati. Setiap penerbit jurnal mungkin menerapkan aturan sistematika naskah yang berbeda-beda.

Penulisan harus mampu mendiskripsikan penelitian yang disajikan secara ringkas, padat tapi jelas. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris jika naskah dikirim ke jurnal internasional.

Umumnya sistematika penulisan naskah jurnal yang dikirim harus memuat 10 hal-hal utama sebagai berikut:
  1. Judul
  2. Penulis dan Afiliasi
  3. Abstrak
  4. Pendahuluan
  5. Bahan dan Metode
  6. Hasil, Diskusi dan Kesimpulan
  7. Ucapan Terima Kasih
  8. Referensi
  9. Tabel
  10. Gambar dan Grafik
Berikut format dan penjelasan singkat penulisan naskah yang dikirim ke penerbit jurnal dengan akreditasi evaluasi Impact Factors:

JUDUL

Naskah harus diserahkan dengan 2 judul yaitu Judul Penuh dan Judul Singkat sebagai berikut:
1.Judul Penuh harus disertakan dalam naskah dengan 150 karakter atau kurang. Judul harus spesifik, deskriptif, ringkas dan dipahami pembaca di luar bidang subjek. Hindari singkatan jika mungkin. Apabila diperlukan, penulis harus mencakup spesies atau sistem model yang digunakan (untuk biologi) atau jenis desain penelitian (untuk klinis). Contoh:
  • Dampak Paparan Asap Rokok terhadap Imunitas Bawaan: Model pada Caenorhabditis elegans
  • Minuman Air Disinfeksi untuk Mengurangi Diare Anak di Pedesaan Papua: Sebuah Cluster-Acak, Eksperimen Terkontrol
2.Judul Singkat akan dicantumkan ketika naskah dipublikasian. Judul Singkat harus 50 karakter atau kurang dan harus menyatakan topik naskah.

PENULIS DAN AFILIASI

Semua nama penulis harus tercantum dalam urutan pengetikan dan harus terdaftar di departemen terkait, universitas atau afiliasi organisasi dan lokasi termasuk kota, negara bagian/provinsi (jika ada) dan negara.

Jika artikel disampaikan atas nama konsorsium, nama penulis dan semua afiliasi harus tercantum pada akhir artikel. Informasi ini tidak dapat diubah setelah penyerahan awal naskah. Untuk memenuhi syarat menjadi penulis, peneliti harus:
  1. Terlibat dalam konsepsi dan desain, akuisisi data analisis serta interpretasi.
  2. Terlibat dalam drafting artikel atau merevisi untuk konten intelektual penting.
  3. Terlibat dalam versi persetujuan akhir yang akan diterbitkan
Semua orang yang ditunjuk sebagai penulis harus memenuhi syarat sebagai penulis. Setiap penulis yang berpartisipasi dalam penelitian mengambil tanggung jawab publik terkait konten naskah.

Mereka yang memberikan kontribusi tetapi tidak memenuhi syarat sebagai penulis harus tercantum dalam ucapan terima kasih. Jika dilakukan oleh tim besar maka daftar penulis harus mencakup kontribusi individu yang memenuhi kriteria yang ditentukan.

Seorang penulis harus menjantumkam alamat email atau informasi kontak lainnya yang harus dimasukkan pada halaman sampul naskah. Informasi ini akan diterbitkan dalam artikel jika naskah diterima.

ABSTRAK

Abstrak tidak harus mencakup kutipan dan singkatan jika mungkin. Abstrak harus:
  1. Menjelaskan tujuan utama penelitian
  2. Menjelaskan bagaimana penelitian dilakukan termasuk organisme model yang digunakan tanpa detail metodologis
  3. Rangkum hasil yang paling penting dan signifikansinya.
  4. Tidak melebihi 300 kata
PENGANTAR

Bagian pendahuluan harus:
  1. Memberikan latar belakang yang menggiring naskah ke dalam konteks dan memungkinkan pembaca di luar bidang memahami tujuan dan pentingnya penelitian
  2. Definisikan mengapa masalah penting diteliti
  3. Sertakan review singkat literatur kunci
  4. Perhatikan setiap kontroversi yang relevan atau perbedaan pendapat di lapangan
  5. Akhiri dengan pernyataan singkat tentang tujuan keseluruhan penelitian dan komentar tentang tujuan yang dicapai
BAHAN DAN METODE

Bagian ini harus memberikan detail cukup yang memungkinkan peneliti lain mereplikasi penelitian. Informasi spesifik dan protokol metode baru harus dimasukkan secara rinci. Jika bahan, metode dan protokol mapan, penulis dapat mengutip sumber di mana protokol pernah dikembangkan.

Umumnya penerbit jurnal ingin rincian protokol metode baru atau kurang mapan sebagai Supporting Information. Metode yang menggunakan subyek manusia atau hewan dan/atau pengambilan sampel jaringan harus mencakup pernyataan etika yang diperlukan.

HASIL, DISKUSI, DAN KESIMPULAN

Bagian ini mungkin terpisah atau dapat dikombinasikan misalnya Results and Discussion atau Discussion and Conclusions dan sebagainya. Bagian ini dapat dibagi lagi menjadi sub-bagian. Tidak memiliki batas kata tetapi harus jelas dan ringkas.

Tiap bagian harus menjelaskan hasil eksperimen, interpretasi hasil dan kesimpulan yang dapat ditarik. Penulis harus menjelaskan bagaimana hasil terkait hipotesis yang diajukan sebagai dasar penelitian dan memberikan penjelasan singkat tentang implikasi temuan.

Penerbit jurnal umumnya tidak menuntut pada signifikansi atau implikasi hasil penelitian sehingga penulis harus menghindari melebih-lebihkan kesimpulannya.

UCAPAN TERIMA KASIH

Orang-orang yang berkontribusi namun tidak sesuai dengan kriteria penulis harus tercantum dalam ucapan terima kasih bersama dengan kontribusinya. Siapa pun yang disebutkan harus setuju. Penyandang dana penelitian tidak harus dimasukkan dalam ucapan terima kasih.

REFERENSI

Setiap kutikan dari sumber harus dicantumkan nomor endnote menuju daftar referensi. Sumber dalam referensi harus artikel yang pernah dipublikasikan, sedangkan kutipan yang tidak dipublikasikan harus dimasukkan dalam tubuh teks sebagai "data tidak dipublikasikan". Contoh pengetikan referensi:

Dodds PS, Harris KD, Kloumann IM, Bliss CA, Danforth CM (2011). “Temporal Patterns of Happiness and Information in a Global Social Network: Hedonometrics and Twitter”. PLoS ONE, 6(12): e26752. DOI:10.1371/journal.pone.0026752

Atau

Yukl, G. And C.M. Falbe (1991). “Importance of Different Power Sources in Downward and Lateral Relations”. Journal of Applied Psychology, Vol.76, No.3, pp.416-424.

TABEL

Tabel harus dimasukkan pada akhir naskah. Semua tabel harus memiliki judul ringkas. Footnote dapat digunakan untuk menjelaskan singkatan. Harus dihindari tabel yang menempati lebih dari satu halaman. Tabel yang lebih besar dapat dimasukkan dalam Supporting Information.

GAMBAR DAN GRAFIK

Gambar harus mendeskripsikan pesan utama. Grafik harus memuat penjelasan angka dan ringkas. Gambar dan grafik harus memiliki judul 15 karakter atau kurang. Grafik penuh harus memiliki deskripsi gambar dan memungkinkan pembaca memahami angka tanpa mengacu teks.

Link situs lain: Pencarian Jurnal | Laporan Penelitian
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,