Langsung ke konten utama

Skripsi

Tutorial Laporan Penelitian ~ Skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang disusun dan dipertahankan sebagai persyaratan untuk mencapai gelar Sarjana Strata Satu (S1).

Penyusunan skripsi umumnya merupakan ujung dari suatu proses panjang program studi.

Kegiatan penyusunan skripsi terkandung berbagai beban dan tuntutan namun sekaligus juga nilai prestasi akademis. Mahasiswa dan mahasiswi dituntut mencurahkan semua pengetahuan dan kemampuan analisisnya yang diperoleh sejak memulai studi di perguruan tinggi.

Skripsi merupakan bukti kemampuan akademik mahasiswa dalam penelitian yang berhubungan dengan masalah yang sesuai dengan bidang keahlian atau bidang studinya. Selain masalah substansi, penulisan skripsi harus memenuhi kode etik penulisan karya ilmiah. Kode etik yang dimaksud adalah seperangkat norma yang berlaku dalam penulisan karya ilmiah.

Norma-norma yang harus diperhatikan dan ditaati antara lain menyangkut pengutipan dan perujukan, perizinan terhadap bahan yang digunakan, penyebutan sumber data atau informan serta kaidah lain seperti bentuk dan format, struktur isi, ukuran kertas dan huruf serta Bahasa Indonesia baku.

Norma penulisan tersebut seperti yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2009 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan- (EYD). Penulisan skripsi harus menggunakan ragam bahasa ilmiah.

Penyajian skripsi didasari pada asumsi bahwa wujud skripsi pada dasarnya sama dengan karya ilmiah lainnya. OIeh karena itu pola umum uraian yang berlaku dan bagian yang berbeda dianggap sebagai ciri khas kaidah akademik.

Skripsi merupakan karya ilmiah maupun laporan penelitian yang ditujukan untuk konsumsi masyarakat akademik. Oleh karena itu penulisan karya ilmiah ini cenderung teknis dan Baku, baik format maupun tata tulisnya.

Nama narasumber atau informan perlu dipertimbangkan untuk tidak disebutkan kalau pencantumannya dapat merugikan narasumber atau informan yang bersangkutan. Sebagai gantinya nama narasumber atau informan itu dapat diganti dengan kode tertentu

Untuk kelancaran penyusun skripsi, mahasiswa didampingi para dosen pembimbingnya dalam proses penyusunan khususnya pada aspek aspek teknis penyusunan dan penulisan berkaitan dengan sistematika penulisan, pengertian-pengertian baku yang digunakan, serta keperluan teknis administratif lainnya.

Link situs lain: Pencarian Jurnal | Laporan Penelitian

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…