Langsung ke konten utama

Tesis

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan karya ilmiah merupakan salah satu ciri utama kegiatan di perguruan tinggi. Melalui penulisan tersebut gagasan, wacana dan hasil-hasil penelitian yang ada di perguruan tinggi dapat dikomunikasikan kepada masyarakat umum.

Tesis merupakan karya ilmiah berupa laporan penelitian yang ditulis oleh mahasiswa program S2 pada akhir studi. Karya ilmiah ini merupakan salah satu persyaratan untuk memperoleh gelar Magister dalam suatu program studi yang telah ditekuninya.

Dari segi isi, tesis dapat memuat hasil penelitian lapangan, hasil kajian pustaka atau hasil kerja pengembangan. Dalam rangka memenuhi visi dan misinya, umumnya tesis lebih menekankan pada penelitian lapangan dan penelitian pengembangan dengan 40% penelitian literatur dan 60% penelitian lapangan.

Tesis dapat dikatakan lebih berbobot dibandingkan dengan skripsi. Artinya, tesis memuat keterangan yang lebih luas dan argumen yang lebih kuat daripada skripsi. Dari segi mutu antara tesis dan skripsi dapat dibedakan secara konseptual, namun sulit untuk dikemukakan secara operasional.

Dari aspek permasalahan tesis diharapkan dapat menghasilkan sumbangan bagi pengembangan ilmu pengetahuan, meskipun sumbangan tersebut tidak harus penemuan baru. Permasalahan yang diangkat oleh tesis hendaknya didasarkan atas teori-teori yang berasal dari sejumlah hipotesis yang telah teruji atau tesis menghasilkan teori.

Dari aspek kajian pustaka, tesis tidak hanya diharapkan mengemukakan keterkaitan saja, tapi harus menyebutkan secara jelas persamaan dan perbedaan antara penelitian yang satu dengan penelitian yang sejenis. Oleh karena itu acuan pustaka yang dijadikan sumber dalam tesis diharapkan berasal dari sumber pertama.

Dari aspek metodologis, tesis dituntut untuk mengemukakan bukti-bukti yang dapat dijadikan pegangan untuk menyatakan bahwa instrumen pengumpulan data yang digunakan cukup valid. Karena itu, sebelum melakukan penelitian untuk penulisan tesis, mahasiswa diwajibkan untuk mengajukan proposal/usulan penelitian yang disampaikan kepada Direktur Program Pascasarjana.

Link situs lain: Pencarian Jurnal | Laporan Penelitian

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…