Langsung ke konten utama

Persyaratan Umum Kirim Naskah ke Jurnal

Tutorial Laporan Penelitian ~ Publisher atau penerbit jurnal ternama dengan impact factors tinggi memiliki persyaratan ketat meskipun setiap penerbit menerapkan persyaratan berbeda-beda karena perbedaan spesifikasi lingkup yang diteliti dan muatan yang terkandung di dalamnya.

Jurnal umum seperti Nature, Science atau PLoS ONE berbeda dengan jurnal spesifik seperti Genome Research, Astrophysical Journal atau Obesity.

Namun ada 4 persyaratan utama yaitu substansional, material, redaksional dan kode etik. Persyaratan substansional yaitu metode dan/atau implikasi yang muncul dari suatu penelitian.

Persyaratan material terkait hal-hal yang harus disertakan dalam setiap pengiriman naskah termasuk Additional Information atau Supporting Information. Persyaratan redaksional yaitu sistematika penulisan naskah yang dikirimkan.

Sedangkan persyaratan kode etik seperti kode etik ilmiah, aturan hukum (terutama penggunaan objek manusia atau hewan) dan pertimbangan keamanan. Di Amerika Serikat ada larangan publikasi jurnal terkait modifikasi virus H5N1 yang dikhawatirkan bisa dimanfaatkan untuk bioterorisme.

Link situs lain: Pencarian Jurnal | Laporan Penelitian

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…