Langsung ke konten utama

Jenis, Ukuran dan Tampilan Huruf Skripsi dan Tesis

Tutorial Laporan Penelitian ~ Pengetikan narasi skripsi, tesis dan disertasi memiliki aturan baku mengenai jenis huruf (font family), ukuran huruf (font size) dan tampilan huruf (font style) yang berbeda-beda pada setiap bidang studi atau fakultas.

Pengetikan narasi skripsi, Tesis dan disertasi pada umumnya menetapkan jenis huruf yaitu Time New Roman dan Arial. Untuk ukuran huruf yaitu 11 dan 12. Sedangkan tampilan huruf yaitu Normal, Bold (tebal) dan Italic (miring).

Tidak jelas bagaimana asal-usul penetapan jenis dan ukuran huruf berbeda-beda pada tiap bidang studi, mungkin karena sudah membudidaya semenjak dulu. Mengenai penetapan aturan pengetikan pada setiap bidang studi/fakultas sebagai berikut:

Jenis Huruf (font family):

Ekonomi:Time News Roman
Adminstrasi:Time News Roman
Hukum:Arial
Kesehatan Masyarakat:Arial

Ukuran Huruf (font size):

Ekonomi:12
Adminstrasi:12
Hukum:12
Kesehatan Masyarakat:11

Tampilan Huruf (font style):

Tebal:Digunakan untuk pengetikan judul bab, subbab dan anak subbab
Miring:Digunakan untuk pengetikan istilah kosakata, kalimat bahasa asing, frasa atau kalimat sebagai aspek linguistik

Link situs lain: Pencarian Jurnal | Laporan Penelitian

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…