Skip to main content

Sistematika Penyusunan Bagian Awal Skripsi, Tesis dan Disertasi

Tutorial Laporan Penelitian ~ Komposisi pelaporan naskah final skripsi, tesis, disertasi dan laporan penelitian secara umum meliputi 3 bagian yaitu Bagian Awal, Bagian Inti dan Bagian Akhir.

Bagian awal berisi prolog mengenai isi naskah. Halaman-halaman bagian awal disusun berdasarkan tingkat keterkaitan dengan substansi naskah pelaporan penelitian.

Sehingga letak urutan paling atas berisi halaman yang paling tidak terkait dengan substansi penelitian, kemudian halaman yang paling terkait diletakkan di tempat paling bawah.

Dengan demikian bagian awal naskah secara umum berisi halaman sampul depan, sampul dalam, persetujuan, pernyataan keaslian penelitian, abstraksi, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar dan daftar lampiran.

Berikut penjelasan singkatnya:
  1. Sampul Depan
    Halaman ini kertas berwarna yang memuat berturut-turut: judul, lambang almamater, nama, nomor induk mahasiswa, program studi, bulan dan tahun penelitian.
  2. Sampul Dalam
    Halaman ini berisi materi yang sama dengan halaman sampul depan tetapi menggunakan kertas putih.
  3. Pengesahan
    Memuat pengesahan bahwa penelitian telah lulus uji dan sah. Halaman ini tercantum tanggal, nama dan tanda tangan dosen pembimbing, dosen penguji dan ketua program.
  4. Pernyataan Keaslian
    Berisi pernyataan bahwa penyusunan pelaporan penelitian yang diajukan adalah asli dan pengutipan telah sesuai kode etik ilmiah.
  5. Abstraksi
    Memuat ringkasan naskah pelaporan yang terdiri dari tujuan, metode, hasil penelitian dan diakhiri kata-kata kunci (key words). Abstraksi ditulis dalam 1 spasi dan tidak boleh lebih dari 1 halaman.
  6. Kata Pengantar
    Berisi ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang memiliki kontribusi langsung maupun tidak langsung dalam proses dan penyusunan pelaporan penelitian.
  7. Daftar Isi
    Memuat informasi struktur urutan semua materi bab dan sub-bab bagian isi naskah berdasarkan nomor urut, judul dan nomor halaman.
  8. Daftar Tabel
    Memuat informasi nomor tabel, judul dan nomor halaman.
  9. Daftar Gambar
    Daftar gambar memuat informasi nomor gambar, judul dan nomor halaman.
Mengenai sistematika penulisan Bagian Isi pada skripsi dan tesis dapat ditelusur lebih lanjut di Sistematika Penulisan Skripsi dan Tesis, Bagian Isi disertasi dapat disimak di Sistematika Penulisan Disertasi dan untuk naskah jurnal disimak di Sistematika Penulisan Naskah ke Penerbit Jurnal.

Comments

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Two Way ANOVA SPSS

Jenis-Jenis Teknik Sampling