Langsung ke konten utama

Menyusun Latar Belakang Masalah dan Tips Praktis

Tutorial Laporan Penelitian ~ Setiap menyusun proposal penelitian baik skripsi, tesis dan disertasi harus menjelaskan latar belakang diakukannya penelitian.

Bahasan ini bertempat di BAB I PENDAHULUAN pada SUB BAB Latar Belakang Masalah. Latar belakang masalah atau latar belakang penelitian memuat tentang permasalahan penelitian dan mengapa masalah tersebut perlu diteliti.

Sebuah teori menyatakan orang-orang cenderung membeli barang yang paling murah. Tapi sebuah perusahaan mengeluh bahwa produknya memiliki harga paling murah tetap kalah dalam jumlah penjualan dibanding produk pesaing.

Perusahaan tersebut telah menerapkan teori harga dengan baik, tapi di lapangan tidak terjadi semestinya. Kemudian perusahaan menyewa tim peneliti untuk melakukan penelitian untuk menjawab mengapa hal itu terjadi.

Penting di sini bahwa permasalahan penelitian setidaknya berasal dari beberapa sumber masalah sebagai berikut:
  1. Ada fenomena atau data lapangan.
  2. Ada perbedaan perspektif atau paradigma dari beberapa teori yang terkait.
  3. Ada kesenjangan di antara hasil penelitian-penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya.
Latar belakang harus mampu mengemukakan minimal 2 sumber masalah di atas yaitu poin 1 dan 2. Latar belakang penelitian harus mempu menunjukkan letak masalah yang diteliti dari sumber-sumber masalah yang dikemukakan tersebut

Dengan demikian latar belakang harus dapat mengemukakan pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
  • Apa fenomena yang penting dan mengapa penting?
  • Apakah fenomena tersebut pernah diteliti dan apa kelemahannya jika sudah diteliti?
  • Apa yang membedakan penelitian yang akan Anda lakukan dengan penelitian sebelumnya?

TIPS PRAKTIS UNTUK MAHASISWA

Ketika Anda sudah memiliki tema penelitian dan hendak menyusun latar belakang permasalahan berikut 2 langkah yang dilakukan yaitu:
  1. LANGKAH PERTAMA : Cari data pendukung fenomena. Data ini umumnya berupa dokumentasi yang bisa didapatkan di Badan Pusat Statistik (BPS), perusahaan, kantor kecamatan dan lain-lain.
  2. LANGKAH KEDUA: Cari hasil penelitian-penelitian sebelumnya yang terkait, naskah ini berupa jurnal penelitian. Anda dapat mudah mencari di sini: http://jurnal.laporanpenelitian.com
Setelah kedua langkah tersebut tersedia maka mudah bagi anda untuk mulai menyusun latar belakang masalah. Tunjukkan dengan baik data-data di lapangan untuk membangun fenomena, kemudian kaitkan dengan jurnal-jurnal yang ada.

Komentar

  1. sangat membantu sekali, terimakasih

    BalasHapus
  2. penjelasan yang menggantung

    BalasHapus
  3. maaf mau bertanya, dlm penulisan latar belakang apa harus berdasarkan penelitian sebelumnya? kalau semisal belum ada penelitian ttg tema dan judul terkait bagaimana? tks.

    BalasHapus
  4. terimakasih atas informasinya, namun menurut saya penjelasan dari author masih sangat bersifat umum, kurang detail

    BalasHapus

Poskan Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…