Langsung ke konten utama

Membuat Layout Sebelum Menyusun Skripsi dan Tesis

Tutorial Laporan Penelitian ~ Setelah penentuan tema penelitian skripsi, tesis dan disertasi dan hendak menyusun proposal penelitian, maka langkah yang dilakukan adalah membuat layout.

Layout pelaporan penelitian adalah tata urutan setiap elemen yang ditempatkan dalam BAB-BAB dan Sub BAB berdasarkan pokok-pokok bahasan. Layout bisa disebut juga sistematika besar konsep awal sebelum penyusunan sistematika final.

Banyak dosen pembimbing skripsi dan tesis meminta layout setelah tema diACC dan sebelum memulai menyusun latar belakang penelitian. Layout adalah master plan, tak hanya untuk penulisan penelitian tetapi juga adat penulisan apapun.

Layout adalah point-point utama yang memudahkan dalam penulisan selanjutnya. Ini seperti Anda ngeloop dari sebelum start sampai finish. Anda bisa merancang seperti apa skripsi dan tesis yang disusun nantinya.

Membuat layout adalah membangun rel sebagai pijakan untuk berjalan. Layout bisa berubah, tapi jika finish tujuan sudah dibidik dari awal maka perubahan yang sewaktu-waktu terjadi di tengah jalan pun bisa diprediksi dan diantisipasi.

Untuk menyusun layout perlu 2 materi yaitu:
  1. Sistematika penulisan. Aturan sistematika umumnya telah ditentukan oleh pihak program studi masing-masing.
  2. Tema penelitian. Tema yang berbeda mungkin menyebabkan layout yang berbeda pula.
Susunlah layout sesuai sistematika penulisan, kemudian sinkronisasi dengan tema penelitian. Berikut contoh layout skripsi dan tesis dengan tema "Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian". Klik Download untuk mengunduh.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…