Langsung ke konten utama

Sinkronisasi Layout dan Input Elemen Skripsi dan Tesis

Tutorial Laporan Penelitian ~ Pada tutorial sebelumnya telah disinggung mengenai pembuatan layout penulisan skripsi dan tesis. Layout disusun setelah tema penelitian diACC atau sebelum mulai penyusun skripsi, tesis dan disertasi.

Banyak mahasiswa bahkan bisa disebut semua menyusun skripsi dan tesis secara trial and error. Artinya dicoba tapi salah, dicoba lagi tapi salah lagi. Sebenarnya hal tersebut dapat dihindari jika diawali dengan menyusun layout atau master plan.

Setelah layout tersusun maka langkah selanjutnya menginput elemen-elemen ke dalam layout tersebut. Tujuan dari langkah ini untuk memudahkan dalam menyusun narasi lengkap hingga tiap-tiap paragraf naskah.

Penting diperhatikan bahwa sebuah susunan pelaporan penelitian harus sinkron dari BAB I PENDAHULUAN hingga BAB V PENUTUP. Konten narasi substansi di dalamnya harus berkesinambungan dan tidak keluar dari rel.

Dengan demikian input elemen-elemen di dalam layout bertujuan juga untuk sinkronisasi antar BAB. Titik-titik letak yang penting dalam sinkronisasi ini sebagai berikut:
  1. Perumusan Masalah (BAB I)
  2. Tujuan Penelitian (BAB I)
  3. Teori Utama (BAB II)
  4. Variabel Penelitian (BAB II)
  5. Hipotesis (BAB II)
  6. Definisi Operasional (BAB III)
  7. Tanggapan Responden (BAB IV)
  8. Hasil Uji Hipotesis (BAB IV)
  9. Pembahasan (BAB IV)
  10. Kesimpulan (BAB V)
Jika Anda mengimput elemen-elemen ke dalam 10 titik-titik tersebut dengan sinkron satu sama lain maka skripsi dan tesis secara keseluruhan sudah sinkron. Sisanya hanya tinggal ketrampilan input narasi untuk naskah lengkap.

Berikut contoh sikronisasi elemen-elemen dalam layout skripsi dan tesis dengan tema "Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian". Klik Download untuk mengunduh.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…