Langsung ke konten utama

Tips Pernyataan Item Dalam Menyusun Kuesioner

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah diuraikan mengenai pertimbangan umum dalam mendesain kuesioner sebagai upaya untuk minimalisasi non response.

Pada tutorial kali ini dibahas mengenai tipe pernyataan dalam item-item kuesioner yaitu struktur redaksional apapun yang tertulis dalam setiap pernyataan. Beberapa hal penting yang harus dilaksanakan sebagai berikut:

Bahasa Sederhana

Frase sederhana dan hindari bahasa ambigu. Jangan menggunakan jargon atau singkatan. Periksa tata bahasa dan ejaan dengan hati-hati dan jika perlu meminta orang lain untuk mencernanya. Buatlah kesan profesional sehingga responden menilai Anda sangat serius.

Jangan Terlalu Formal atau Informal

Kuesioner bukan dokumen resmi, tetapi di sisi lain harus standar. Kosa kata dan tata bahasa netral, hati-hati dan tidak menggunakan bahasa sehari-hari.

Mulailah Dengan Pertanyaan Menarik

Pertanyaan awal yang menarik dan relevan segera membuat responden langsung merasa "in" dalam kuesioner dan lebih mungkin mereka melanjutkan seluruh paket. Letakkan pertanyaan rumit di bagian akhir. Anda bisa mulai dengan satu atau dua pertanyaan non-khusus.

Jangan Gunakan Pertanyaan Terbuka

Ini terkait limit untuk coding dan analisis data. Pertanyaan-pertanyaan terbuka memerlukan tanggapan pribadi asli dan Anda tidak bisa melakukan kalibrasi validitas dan relibilitas terhadap jawaban esai.

Gunakan Skala Daftar Pilihan

Jika responden dihadapkan dengan daftar panjang pilihan, mereka mungkin menunda. Lima respon skala Likert merupakan desain yang ideal

Susun Pertanyaan Secara Logis

Satu pertanyaan harus logis mengikuti pertanyaan sebelumnya. Anda mungkin bisa memulai dengan satu atau dua pertanyaan umum dan kemudian disusul dengan pertanyaan lebih spesifik.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…