Skip to main content

Menyusun Definisi Operasional Variabel

Tutorial Laporan Penelitian - Definisi operasional atau operasionalisasi variabel adalah upaya menerjemahkan sebuah konsep variabel ke dalam instrumen pengukuran.

Sebuah variabel harus bisa diwujudkan ke dalam bentuk konkrit sehingga peneliti dapat menyusun instrumen kuesioner guna melakukan pengukuran berdasarkan aspek-aspek atau indikator-indikator yang ada.

Setelah didefinisikan, variabel penelitian harus dapat diukur menurut kaidah atau skala pengukuran yang lazim beserta dengan uji validitas dan reliabilitas tiap-tiap indikator dan item-item yang disusun.

Mengingat tidak semua rujukan yang digunakan dalam sebuah penelitian sesuai dengan konteks, maka definisi operasional variabel dapat didasarkan pada satu atau lebih sumber atau referensi yang berbeda.

Peneliti ingin meneliti pengaruh kualitas produk minuman terhadap keputusan pembelian. Setelah melakukan kajian pustaka maka ia merujuk kepada penelitian sebelumnya untuk menyusun operasionalisasi variabel.

Penelitian oleh Wu & Wu memberikan 6 rumusan indikator kualitas produk minuman teh yaitu rasa lezat dan aroma yang baik, mengangkat semangat dan menyegarkan, baik bagi kesehatan, memuaskan dahaga, mudah dibeli dan narga murah

Sekarang seorang peneliti ingin meneliti produk minuman merek Coca-Cola dengan merujuk pada penelitian yang dilakukan oleh Wu & Wu tersebut, sehingga definisi operasional disusun sebagai berikut:

VARIABEL PRODUK MINUMAN COCA-COLA (X)

Produk minuman coca-cola adalah semua produk minuman yang dikemas sedemikian rupa dengan merek Coca-Cola. Wu & Wu (1993) memberikan 6 rumusan indikator kualitas produk minuman yaitu:
  1. Rasa lezat dan aroma yang baik
  2. Mengangkat semangat dan menyegarkan
  3. Baik untuk kesehatan
  4. Memuaskan dahaga
  5. Mudah dibeli
  6. Harga murah

Comments

Popular

Two Way ANOVA SPSS

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Jenis-Jenis Teknik Sampling