Langsung ke konten utama

Menyusun Definisi Operasional Variabel

Tutorial Laporan Penelitian - Definisi operasional atau operasionalisasi variabel adalah upaya menerjemahkan sebuah konsep variabel ke dalam instrumen pengukuran.

Sebuah variabel harus bisa diwujudkan ke dalam bentuk konkrit sehingga peneliti dapat menyusun instrumen kuesioner guna melakukan pengukuran berdasarkan aspek-aspek atau indikator-indikator yang ada.

Setelah didefinisikan, variabel penelitian harus dapat diukur menurut kaidah atau skala pengukuran yang lazim beserta dengan uji validitas dan reliabilitas tiap-tiap indikator dan item-item yang disusun.

Mengingat tidak semua rujukan yang digunakan dalam sebuah penelitian sesuai dengan konteks, maka definisi operasional variabel dapat didasarkan pada satu atau lebih sumber atau referensi yang berbeda.

Peneliti ingin meneliti pengaruh kualitas produk minuman terhadap keputusan pembelian. Setelah melakukan kajian pustaka maka ia merujuk kepada penelitian sebelumnya untuk menyusun operasionalisasi variabel.

Penelitian oleh Wu & Wu memberikan 6 rumusan indikator kualitas produk minuman teh yaitu rasa lezat dan aroma yang baik, mengangkat semangat dan menyegarkan, baik bagi kesehatan, memuaskan dahaga, mudah dibeli dan narga murah

Sekarang seorang peneliti ingin meneliti produk minuman merek Coca-Cola dengan merujuk pada penelitian yang dilakukan oleh Wu & Wu tersebut, sehingga definisi operasional disusun sebagai berikut:

VARIABEL PRODUK MINUMAN COCA-COLA (X)

Produk minuman coca-cola adalah semua produk minuman yang dikemas sedemikian rupa dengan merek Coca-Cola. Wu & Wu (1993) memberikan 6 rumusan indikator kualitas produk minuman yaitu:
  1. Rasa lezat dan aroma yang baik
  2. Mengangkat semangat dan menyegarkan
  3. Baik untuk kesehatan
  4. Memuaskan dahaga
  5. Mudah dibeli
  6. Harga murah

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…