Langsung ke konten utama

Nilai Peer Review Dalam Kehidupan Masyarakat

Tutorial Laporan Penelitian - Dunia ilmiah berkembang dan terus bergerak maju karena terus diuji dan peer review memegang sistem kontrol kualitas bahwa validasi ilmiah memberi keuntungan kepada semua orang.

Semua produk dan jasa yang Anda nikmati hari ini tidak lepas dari sistem peer review ilmiah. Peer review ada di hilir semua hal dalam kehidupan Anda mulai dari menonton TV, mengendarai mobil hingga minum obat flu.

Ketika tim pengulas memberi lampu hijau untuk naskah laporan hasil penelitian, maka mereka menyatakan bahwa ilmu yang dijelaskan dalam laporan tersebut valid dan dapat dipercaya. Ini mirip dengan inspeksi kontrol kualitas di pabrik.

Jika sebuah produk tidak memenuhi standar menyebabkan ketidakpuasan kepada konsumen akhir dan kerugian kepada produsen. Petugas pabrik harus mematuhi standar kualitas ketat dan membuang produk yang buruk.

Peer reviewer melakukan hal yang sama dalam menetapkan standar ilmiah. Kualitas ilmiah yang tinggi memberi keuntungan semua pihak dan di sini nilai peer review masuk ke berbagai pemangku kepentingan:
  • Bagi peneliti, peer review menyediakan pintu karir atas pekerjaan mereka. Seorang ilmuwan yang mempublikasikan dalam jurnal bergengsi menarik perhatian donor yang akan membiayai proyek penelitian mendatang.
  • Bagi editor jurnal, peer review memberi keyakinan lebih besar dalam mempublikasikan bahwa naskah telah sepenuhnya diperiksa tim wasit yang berkualitas. Jika konsisten memilih naskah berkualitas tertinggi meningkatkan reputasi dan kredibilitas jurnal.
  • Bagi ilmuwan lain, peer review bertindak sebagai mekanisme prioritas apa yang wajib dibaca sesuai bidangnya. Hari ini lebih dari 21.000 jurnal peer-review jurnal. Mereka dapat memilih alternatif kualitas tertinggi.
  • Bagi masyrakat umum, peer review bertindak seperti standar kualitas yang membantu memahami klaim-klaim ilmiah. Klaim tentang segala hal dari obat, pemasaran dan keputusan pembelian, layanan rumah sakit hingga pendidikan untuk anak-anak.
Peran peer review sulit terpisahkan dalam kehidupan masyarakat modern. Semua produk dan layanan yang berkualitas sampai ke pasar tidak luput dari ulasan para ilmuwan. Sistem peer review seperti pedang tajam perkembangan sains dan teknologi.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…