Langsung ke konten utama

Tabel Statistik, Derajat Kebebasan dan Uji Hipotesis

Tutorial Laporan Penelitian - Di abad ke-21 milenium ke-3 kalender Gregorian semua perhitungan statistik menggunakan software.

Banyak software pengolahan data statistik dijual ke pasar seperti IBM SPSS, DELL Statsoft, SAS Data Mining, Angoss dan lain-lain, maupun tabulasi sederhana menggunakan Microsoft Excel.

Software dapat mengolah sampel ribuan dengan jumlah variabel puluhan bersama beberapa uji sekaligus menghasilkan output dalam sekejap hanya dengan sekali klik. Terima kasih teknologi komputer!

Namun begitu suatu keharusan bagi siapa pun dalam memahami dasar-dasar operasi statisitk mengunakan cara tradisonal ketika menyimpulkan hasil perhitungan seperti dasar menolak atau menerima hipotesis penelitian.

Berikut beberapa ketentuan dalam membaca tabel statistik (download tabel statistik di sini) sebagai dasar untuk menerima atau menolak hipotesis nol.

Df = digree of freedom (derajat kebebasan)
n = Jumlah Sampel
K = Jumah Variabel Bebas
Bar = baris
Kol = kolom
Ho = hipotesis nol


1. Tabel r
  • Df diperoleh dari n - 2
  • Jika r hitung di atas r tabel maka Ho ditolak

2. Tabel Chi-square
  • Df diperoleh dari (Bar - 1) X (Kol - 1)
  • Jika Chi-square hitung di atas Chi-square tabel maka Ho ditolak

3. Tabel F
  • Df diperoleh dari V1 = K, V2 = n - k - 1
  • Jika F hitung lebih besar dari F tabel maka Ho ditolak

4. Tabel t
  • Df diperoleh dari n - 1
  • Jika t hitung lebih besar dari t tabel maka Ho ditolak

5. Tabel Z
  • Jika Z hitung di atas Z tabel maka Ho ditolak

6. Tabel Durbin-Watson
  • Df diperoleh dari Bar = n, Kol = k
  • Jika DW hitung di antara U dan 4 - dU maka Ho ditolak

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…