Skip to main content

Daftar Top Software dan Aplikasi Analisis Data Penelitian

Tutorial Laporan Penelitian - Hampir semua kegiatan penelitian dan pengambilan keputusan bisnis korporasi bekerja dengan berbagai pengolahan data dan angka-angka.

Pengolahan data adalah sebuah proses penggalian informasi dari kumpulan data-data dan mengubahnya menjadi struktur yang dapat dimengerti untuk sebuah pengambilan keputusan.

Dahulu kala menguji hipotesis penelitian dan analisis statistik mengunakan perhitungan secara manual dengan parameter tradisional seperti membandingkan visual probabilitas tabel statistik dan sebagainya.

Sekarang aktivitas pengolahan data secara manual menjadi pekerjaan yang sangat tidak efesien, bahkan bisa disebut tidak mungkin. Model-model data semakin kompleks, bahkan pengolahan data membutuhkan simulasi yang rumit.

Software dan hosting cloud pengolahan data menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Ratusan ribu sampel dengan puluhan variabel dan beberapa uji hanya dilakukan dengan sekali klik.

Banyak aplikasi pengolahan data di pasaran, baik yang berlisensi (komersial) ataupun open source (free dan shareware). Berikut adalah daftar beberapa produk top vendor software olah data yang populer dan bagus digunakan.

  1. IBM SPSS Modeler
    Proses data mining dan analisis memiliki antarmuka visual yang memungkinkan pengguna memanfaatkan algoritma statistik dan tanpa pemrograman. Fitur termasuk klasifikasi otomatis (biner dan angka), pengelompokan dan deteksi anomali.

    Juga apriori, Bayesian, CARMA, regresi cox, analisis faktor, K-means, Kohonen, diskriminan, support vector machine (SVM), Regresi linear, GenLin (GLM), generalized linear mixed models (GLMM), linear equation modeling dan lain-lain.

  2. SAS Data Mining
    SAS Data Mining memungkinkan membangun model prediksi dan deskriptif bersama dengan GUI dan elemen lainnya untuk merampingkan proses pengolahan data langsung dari persiapan pencarian model hingga hasil terbaik.

    Fitur termasuk set alat persiapan data, teknik modifikasi dimensi, visualisasi interaktif dan eksplorasi, pemodelan canggih, pengembangan model, proses penilaian otomatis dan pengolahan scalable.

  3. Angoss Knowledge STUDIO
    Angoss Knowledge STUDIO dibangun untuk analisis data dan kemampuan analisis prediktif termasuk fitur KnowledgeSEEKER. Solusinya memiliki banyak model dan analisis prediktif dengan fitur canggih untuk analisis bisnis.

  4. Microsoft Analysis Services
    Microsoft Analysis Services adalah perangkat lunak data mining yang disediakan oleh Microsoft.

  5. Oracle Data Mining
    Oracle Data Mining menyediakan fungsi SQL asli ke dalam database Oracle yang memungkinkan pengguna menemukan wawasan baru yang tersembunyi ke dalam data dan penggunaan fasilitas di Oracle teknologi database.

  6. Think Analytics
    Think EDM adalah platform terintegrasi Business Analysis Automation yang menggabungkan temuan pengetahuan dan teknik data mining yang dirancang untuk pengguna bisnis.

  7. Viscovery
    Viscovery Data Mining Suite menawarkan pilihan analisis prediktif yang dirancang untuk secara komprehensif memenuhi kebutuhan pengguna bisnis dan teknis. Alur kerja mendukung integrasikan secara real-time dan update secara otomatis.

  8. Portrait Software
    Potret Miner memberi solusi analisis prediktif yang memungkinkan pelaku bisnis memiliki gambaran tentang pelanggan mereka, mengungkap kesempatan, optimasi segmentasi dan memprediksi perilaku masa depan.

  9. IBM DB2 Intelligent Miner
    IBM DB2 Intelligent Miner adalah platform data mining dalam database yang disediakan oleh IBM dengan layanan pemodelan, penilaian dan visualisasi berdasarkan SQL/MM.

  10. STATISTICA data Miner
    STATISTICA data Miner adalah perangkat lunak data mining yang disediakan oleh StatSoft untuk memproses, membaca dan menulis data dari format file hampir semua standar.

  11. QIWare
    QIWare mendukung ujung ke ujung siklus data mining. Menyederhanakan persiapan data dan pemodelan untuk meningkatkan produktivitas bisnis, menimalisasi human error dan secara signifikan meningkatkan keuntungan.

  12. LIONsolver
    LIONsolver dibangun untuk memenuhi kebutuhan data perusahaan besar dengan query, visualisasi, menggali wawasan atau tindakan otomatis. Platform dapat digunakan sebagai private cloud, layanan cloud publik atau aplikasi OEM.

  13. KXEN Modeler
    KXEN Modeler menyediakan fungsi data mining seperti klasifikasi, regresi, atribut, segmentasi, pengelompokan, prediksi dan asosiasi data.

Masih banyak produk-produk software pengolahan data (ratusan produk) dan jasa penyediaan server hingga konsultan analisis data untuk penelitian dan bisnis. Jika Anda memiliki informasi lebih, silahkan tambah di kolom komentar.

Comments

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Two Way ANOVA SPSS

Jenis-Jenis Teknik Sampling