Langsung ke konten utama

Perbedaan Data dan Informasi

Tutorial Laporan Penelitian - Data adalah fakta polos dan mentah. Bila data diolah, terorganisir, terstruktur dan disajikan dalam konteks tertentu sehingga berguna, maka disebut informasi.

Data dalam diri mereka sendiri kurang berguna. Tapi ketika data ini diinterpretasikan dan diproses untuk menentukan makna sejati mereka menjadi berguna maka disebut informasi.

Ada perbedaan halus antara data dan informasi. Data adalah fakta atau rincian dari mana informasi berasal. Potongan-potongan individu data jarang berguna. Untuk menjadi informasi, data perlu dimasukkan ke dalam konteks.

Contoh data dan informasi :
  • Sejarah suhu di seluruh dunia selama 100 tahun terakhir adalah data. Jika data ini diatur dan dianalisas sehingga menunjukkan bahwa suhu global meningkat atau menurun maka ini adalah informasi.
  • Jumlah kecelakaan lalu lintas adalah data. Jika data dianalisis sehingga menunjukkan jumlah kecelakaan mobil menurun sedangkan kecelakaan sepeda motor mengingkat maka ini disebut informasi.

Berikut tabulasi perbedaan antara data dan informasi berdasarkan arti, contoh dan etiologi kata:

DATAINFORMASI
ArtiFakta mentah atau polos yang masih perlu diproses. Data tidak memiliki makna sebelum diberi konteks.Data yang sudah diproses, terorganisir, terstruktur atau disajikan dalam konteks tertentu sehingga berguna.
ContohAda 2 jenis anggur yaitu anggur merah dan anggur putih.Anggur merah lebih disukai konsumen dibanding anggur putih.
Etiologi"Data" berasal dari kata Latin tunggal, datum, yang berarti "sesuatu yang diberikan"."Informasi" berasal dari bahasa Perancis dan Inggris kuno. Biasanya digunakan dalam hal pendidikan, instruksi, atau komunikasi pengetahuan lainnya.

Karena data perlu ditafsirkan dan dianalisis, sangat mungkin dapat ditafsirkan secara keliru. Ketika hal ini mengarah pada kesimpulan yang salah, maka dapat dikatakan bahwa data tersebut menyesatkan.

Data menyesatkan seringkali disebabkan tidak lengkap atau kurang konteks. Contoh, investasi reksa dana naik 5% dan Anda menyimpulkan manajer investasi sukses. Tapi ini bisa menyesatkan jika indeks saham utama naik 12%. Dalam hal ini dana tersebut underperformed pasar.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…