Skip to main content

Ruang Lingkup Penelitian Sosial

Tutorial Penelitian - Dalam arti luas, penelitian sosial adalah studi ilmiah tentang masyarakat dan cara di mana orang-orang berperilaku serta saling mempengaruhi.

Penelitian sosial menyelidiki di luar pengalaman langsung peneliti dan membantu menjelaskan bagaimana masyarakat terbentuk, misalnya oleh pengangguran, pertumbuhan ekonomi, politik atau tentang kebahagiaan.

Aplikasi hasil penelitian sosial memberikan informasi penting bagi pemerintah, pemerintah daerah, organisasi non-pemerintah, perusahaan, pembuat kebijakan dan lain-lain.

Tidak mudah mengklasifikasi ruang lingkup penelitian sosial karena luasnya cakupan studi dan komplesitas yang ada di dalamnya. Bahkan di dalam prakteknya, para ilmuwan memiliki gagasan-gagasan tersendiri.

Namun, kita akan mencoba menjabarkan cakupan-cakupan disiplin di dalam penelitian sosial sebagai berikut:

Demografi dan Statistik Sosial, Metode dan Komputasi
  • Demografi adalah studi tentang perubahan dan tren populasi menggunakan sumber daya seperti data kelahiran, kematian dan penyakit dan lain-lain.
  • Statistik Sosial, Metode dan Komputasi melibatkan pengumpulan dan analisis data kuantitatif dan kualitatif.

Studi Pembangunan, Geografi Manusia dan Perencanaan Lingkungan
  • Studi pembangunan adalah cabang multidisiplin ilmu-ilmu sosial yang membahas berbagai isu sosial dan ekonomi terkait pengembangan atau studi tentang negara-negara miskin.
  • Geografi manusia mempelajari orang-orang, masyarakat dan budaya terutama mengenai dampaknya terhadap perubahan lingkungan.
  • Perencanaan lingkungan mengeksplorasi proses pengambilan keputusan dalam mengelola sistem hubungan antara manusia dan alam.

Ekonomi, Manajemen dan Studi Bisnis
  • Ekonomi berusaha untuk memahami bagaimana individu berinteraksi dalam struktur sosial untuk menjawab pertanyaan kunci tentang produksi dan pertukaran barang dan jasa.
  • Manajemen dan Studi Bisnis mengeksplorasi berbagai aspek yang berkaitan manajemen usaha seperti strategis dan operasional, psikologi organisasi, hubungan kerja, pemasaran, akuntansi, keuangan dan logistik.

Pendidikan, Antropologi Sosial, dan Linguistik
  • Pendidikan merupakan salah satu ilmu sosial paling penting yang mengeksplorasi bagaimana orang belajar dan berkembang.
  • Antropologi Sosial adalah studi tentang bagaimana masyarakat dan struktur sosial manusia diatur dan dipahami.
  • Linguistik berfokus pada bahasa dan bagaimana orang berkomunikasi melalui suara yang diucapkan dan kata-kata.

Hukum, Ekonomi dan Sejarah Sosial
  • Hukum berfokus pada aturan yang dibuat pemerintah dan orang-orang untuk memastikan masyarakat menjadi lebih tertib.
  • Ekonomi dan Sejarah Sosial melihat peristiwa masa lalu untuk belajar dari sejarah dan lebih memahami proses masyarakat kontemporer.

Politik dan Hubungan Internasional
  • Politik berfokus pada demokrasi dan hubungan antara manusia dan kebijakan di semua tingkatan dari individu hingga tingkat nasional dan internasional.
  • Hubungan Internasional adalah studi tentang hubungan antar negara termasuk peran organisasi lain.

Psikologi dan Sosiologi
  • Psikologi mempelajari pikiran manusia dan mencoba untuk memahami bagaimana orang-orang dan kelompok-kelompok mengalami berbagai emosi, ide, dan kesadaran.
  • Sosiologi melibatkan kelompok orang, bukan individu, dan upaya untuk memahami cara orang berhubungan satu sama lain dan fungsi sebagai masyarakat atau sub-kelompok sosial.

Studi Teknologi
Studi Teknologi berkaitan peran teknologi dalam masyarakat, kebijakan dan perdebatan yang membentuk teknologi modern.

Kebijakan Sosial
Kebijakan sosial adalah interdisipliner dan subjek yang bersangkutan analisis tanggapan masyarakat terhadap kebutuhan sosial dengan fokus pada aspek masyarakat, ekonomi dan penerapan kebijakan dalam meningkatkan keadilan sosial.

Comments

  1. Trims yah, data-datax sgt membantu sy dlm penyusunan tesis.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Two Way ANOVA SPSS

Jenis-Jenis Teknik Sampling