Langsung ke konten utama

Server Preprint arXiv Sentuh 1 Juta Naskah

Tutorial Penelitian - Situs web di mana para ilmuwan berkumpul untuk mengupload naskah sebelum tahap peer review mencatat 2 kali lipat dalam 6 tahun.

Server preprint populer arXiv.org di mana fisikawan, matematikawan dan ilmuwan komputer secara rutin meng-upload naskah untuk berbagi temuan sebelum peer review telah menampung 1 juta artikel penelitian.

Repositori yang diluncurkan sebagai buletin elektronik pada bulan Agustus tahun 1991 tepat sebelum muncul World Wide Web (WWW) butuh waktu 17 tahun untuk mengumpulkan 500 ribu naskah.

Tetapi hanya dalam 6 tahun terakhir menjadi 1 juta naskah. Para peneliti mengirimkan sekitar 8.000 naskah ke arXiv setiap bulan atau rata-rata lebih dari 250 naskah perhari dan 10 juta naskah perbulan didownload publik.

Administrator situs menyajikan artikel mentah non-peer-review dalam batch setelah melalui kontrol kualitas pemeriksaan singkat seperti pandangan sekilas untuk kesesuaian dengan salah satu dari 130 moderator relawan.

Situs ini mencapai lebih dari 1 juta makalah pada tanggal 29 Desember 2014 setelah administrator kembali dari liburan dan pembaharuan server dengan naskah yang diajukan setelah jam kerja pada malam Natal (24 Desember).

arXiv didirikan Paul Ginsparg, fisikawan Cornell University di Ithaca. Sejak awal server telah memperluas cakupan berbagai bidang lain selain fisika yaitu matematika, ilmu komputer, statistik dan aspek kuantitatif keuangan dan biologi.

Popularitas server arXiv bervariasi di antara disiplin sains. Beberapa fisikawan pada awalnya enggan berbagi hasil penelitian, tetapi berubah ketika mereka menyadari manfaat cepat publikasi karya mereka.

"Mereka membutuhkan klaim pertama dan tampil sebagai teoretisi," kata Ginsparg.

Banyak temuan penting diposting pertama kali di situs ini. Matematikawan Rusia Grigori Perelman mendapat klaim pertama pembuktian hipotesis Poincaré setelah mengupload naskah di arXiv.org. Perelman kemudian mendapat Fields Medal.

Menjalankan web arXiv tidak gratis, tapi masih relatif murah. Gaji staf dan server US$885.987 untuk tahun 2014. Sebagian besar didanai oleh Perpustakaan Cornell University dan Simons Foundation.
  • Daniel T. Citrona and Paul Ginsparg (2014), Patterns of text reuse in a scientific corpus, Proceedings of the National Academy of Sciences, DOI:10.1073/pnas.1415135111

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…