Langsung ke konten utama

Desain Penelitian Kuantitatif

Tutorial Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas singkat mengenai desain penelitian kualitatif. Kali ini dibahas singkat mengenai desain penelitian kuantitatif.

Desain penelitian kuantitatif adalah metode eksperimen standar yang paling banyak digunakan dalam disiplin ilmu. Penelitian kuantitatif telah menjadi standar emas penelitian-penelitan sains dan teknologi modern.

Pengujian variabel kadang-kadang disebut sebagai ilmu yang sesungguhnya dengan menggunakan cara-cara matematika dan statistik untuk mengukur dengan objektivitas tertinggi.

Pendekatan kuantitatif paling sering digunakan oleh para ilmuwan eksakta, meskipun ilmu-ilmu sosial, pendidikan dan ekonomi telah menggunakan jenis penelitian ini.

Semua penelitian kuantitatif menggunakan format terstandar untuk menerima atau menolak hipotesis. Sebuah postulat harus dibuktikan dengan matematika dan statistik sebagai dasar desain penelitian secara keseluruhan.

Penelitian kuantitatif dipengaruhi oleh paradigma empiris yang berarti berkaitan dengan sebab dan akibat dari fenomena dan menggunakan data yang didasarkan pada skala empiris dan interpretasi kritis

KARAKTERISTIK
  • Deduktif.
  • Instrumen dirancang dan distruktur sebelum pengumpulan data
  • Data berupa angka.
  • Penggunaan sampling dari populasi.
  • Generalisasi luas atau prediksi masa depan.
  • Melihat hubungan antar variabel dan arah sebab-akibat.
  • Tes teori atau hipotesis.

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN

Kelebihan:
  1. Studi dan generalisasi hasil penelitian sangat luas.
  2. Terstandar yang berarti hasil penelitian dapat direplikasi dan dibandingkan dengan penelitian serupa.
  3. Objektivitas dan akurasi tinggi. Bias peneliti mudah dihindari.

Kelemahan:
  1. Hasil berupa deskripsi numerik dan asumsi statistik daripada narasi rinci sehingga kadang-kadang dangkal.
  2. Semua variabel terkontrol sehingga kadang-kadang interprestasi sempit.

UKURAN KUALITAS PENELITIAN KUALITATIF

Data dan Analisis

Kualitas data dengan melihat mulai dari ketepatan teknik sampling, validitas dan reliabilitas, non-response bias, normalitas, asumsi klasik dan norma-norma lainnya.

Teori dan Hipotesis

Penelitian kuantitatif adalah pendekatan deduktif sehingga ketepatan acuan teori sangat menentukan indikator-indikator variabel sebagai acuan untuk menguji hipotesis.

  • Babbie, Earl R (2010). The Practice of Social Research. 12th ed. Belmont, CA: Wadsworth Cengage.
  • Brians, Craig Leonard et al. (2011). Empirical Political Analysis: Quantitative and Qualitative Research Methods. 8th ed. Boston, MA: Longman.
  • McNabb, David E. (2008). Research Methods in Public Administration and Nonprofit Management: Quantitative and Qualitative Approaches. 2nd ed. Armonk, NY: M.E. Sharpe

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…