Langsung ke konten utama

Riset Pasar

Tutorial Penelitian - Riset pasar adalah proses pengumpulan, menganalisis dan menafsirkan informasi tentang produk atau jasa industri yang akan ditawarkan ke pasar.

Riset pasar juga berbicara dari sudut pandang masa lalu, sekarang dan potensi di masa yang akan datang tentang karakteristik, kebiasaan belanja, lokasi dan target bisnis Anda dan pesaing.

Interaksi antara sellers (supply) dan buyers (demand) untuk barang atau jasa tertentu disebut pasar dan pasar tidak selalu ada di satu lokasi atau harus menjadi lokasi nyata. Produk dapat dibeli dan dijual secara online.

Pasar berubah terus-menerus dan bisnis perlu memiliki pemahaman akurat perkembangan interaksi supply dan demand. Di sinilah peran penting atau kebutuhan adanya riset pasar.

Riset pasar menyediakan pandangan yang komprehensif dari konsumen untuk mengembangkan produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan mereka lebih baik dari kompetitor.

Selain itu, riset pasar adalah solusi terhadap semakin tingginya kompleksitas lingkungan bisnis. Riset pasar membantu untuk mengurangi tingkat risiko keuangan yang melekat dalam keputusan investasi.

Informasi yang akurat dan menyeluruh adalah dasar dari semua usaha bisnis yang sukses karena memberikan banyak informasi tentang calon konsumen, kompetisi, dan industri pada umumnya.

Riset pasar memberi data relevan memecahkan tantangan pemasaran sebagai bagian integral proses perencanaan bisnis. Bahkan, strategi segmentasi dan diferensiasi produk tidak mungkin tepat tanpa riset pasar.

Berikut dua hal penting yang harus Anda siapkan sebagai pijakan ketika berencana melakukan sebuah riset pasar yaitu:

1. Desain Penelitian

Ada dua jenis utama riset pasar yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif.
  • Pendekatan kuantitatif. Berfokus pada angka, misalnya, berapa persen konsumen membeli produk. Data dikumpulkan menggunakan survei atau dokumentasi.
  • Penelitian kualitatif. Berfokus untuk mengidentifikasi dan memahami profil pasar. Data dikumpulkan melalui wawancara dan ini penting jika Anda berniat meluncurkan produk baru.

2. Jenis Data

Riset pasar melibatkan salah satu ada dua jenis data yaitu:
  • Data primer dengan menyebar kuesioner, jejak pendapat maupun wawancara mendalam.
  • Data sekunder meliputi laporan dan studi oleh penyedia data seperti instansi pemerintah, biro statistik, asosiasi perdagangan atau bisnis.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…