Langsung ke konten utama

Cara Input Catatan Kaki di Dokumen Microsoft Word

Tutorial Penelitian - Catatan kaki atau footnote menjadi prosedur standar dalam penulisan sumber rujukan teks penulisan studi hukum, administrasi publik dan studi-studi lain.

Microsoft Word memiliki fitur sangat mudah untuk melakukan input catatan kaki atau footnote tersebut. Sangat mudah dan secara teknis sangat simpel. Tinggal klik dan klik lalu selesai.

Meskipun begitu banyak pula pertanyaan yaitu bagaimana caranya membuat catatan kaki? Mungkin mereka adalah mahasiswa baru atau mahasiswa yang tidak menempuh pendidikan di fakultas hukum.

Mengenai apa, bagaimana dan fungsi catatan kaki dapat disimak dalam tutorial di sini:

Supaya tidak panjang lebar langsung saja disimak langkah-langkah teknis cara input catatan kaki dalam dokumen Microsoft Word sebagai berikut:

1. Langkah Pertama
Letakkan kursor text pada paragraf yang merujuk sumber, misalnya di akhir paragraf (setelah kata bahwa) seperti gambar di bawah ini:


2. Langkah Kedua
Letakkan kursor mouse ke fitur References lalu Insert Footnote dan klik seperti gambar di bawah ini:


3 Langkah Ketiga
Pada langkah ketiga Anda sudah mendapatkan angka 1 pada paragraf (setelah kata bahwa) dan angka 1 di bagian bawah text pada halaman tersebut. Sekarang Anda dapat input narasi atau sumber setelah angka 1 di bagian bawah text.


Microsoft Word secara otomatis menghitung nomor catatan kaki. Anda dapat menggunakan skema penomoran tunggal seluruh dokumen atau skema penomoran yang berbeda dalam setiap bagian dalam sebuah dokumen. Selamat menulis!

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…