Langsung ke konten utama

10 Aturan Menempuh PhD atau Doktoral (S3)

Tutorial Penelitian - Menempuh PhD atau doktoral (S3) adalah puncak strata atau awal sebuah perjalanan karir seorang peneliti dan para ilmuwan.

Setelah bertahun-tahun penelitian dan menyelesaikan tugas-tugas, tahun terakhir pendidikan kandidat PhD atau doktoral (S3) merupakan waktu paling menantang dalam karir siswa.

Marino, Stefan dan Blackford (2014) mengatakan sebuah investasi besar dalam waktu, tenaga dan semangat motivasi yang harus dibayar dengan banyak tugas dan eksperimen penutup adalah hadiah PhD itu sendiri.

Di sisi lain kewajiban administratif membutuhkan perhatian. Hal-hal terkait kredit pedagogi dan dokumen wajib, publikasi laporan penelitian, bimbingan dan perencanaan untuk langkah karir berikutnya.

Tanpa rencana aksi strategis dan keterampilan manajemen, Anda berrisiko kewalahan dan terancam melewati tenggat waktu yang ditentukan. Manajemen waktu dan ketahanan stres adalah kompetensi selama periode PhD ini.

Marino, Stefan dan Blackford (2014) menyajikan 10 aturan sederhana tentang bagaimana menangani masalah waktu dan situasi konflik ketika menghadapi tahun terakhir PhD sebagai berikut:

Rule 1: Plan Your Last Year in Advance
Rule 2: Make Your Priorities Clear
Rule 3: “The Truth Can Wait”
Rule 4: Enlist Support
Rule 5: Get Familiar with the Software
Rule 6: Know Your University's Procedures and Regulations
Rule 7: Exploit Synergies
Rule 8: Pay Attention to Your Career
Rule 9: Network
Rule 10: Leave on Good Terms

Aturan-aturan tersebut berfokus pada mendefinisikan tujuan penelitian dan merancang sebuah rencana tindakan, pentingnya mengelola hubungan dengan supervisor dan rekan, serta perencanaan karir. Selamat berkarir!

Saran Bacaan:

Jacopo Marino, Melanie Stefan, Sarah Blackford (2014). Ten Simple Rules for Finishing Your PhD. PLoS Computational Biology, 10(12): e1003954. DOI:10.1371/journal.pcbi.1003954

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…