Langsung ke konten utama

Encyclopedia of Life, Database Taksonomi Spesies

Tutorial Penelitian - Jika Anda berkecimpung dalam taksonomi, lingkungan hidup atau kesibukan yang terkait spesies tentu membutuhkan database komprehensif.

Sangat melelahkan jika Anda harus mencari informasi kehidupan di Bumi dari hewan, tumbuhan, bakteri hingga virus yang tersebar di seluruh dunia dalam buku, jurnal, koleksi spesimen atau pikiran ilmuwan di mana-mana.

Bayangkan jika informasi ini dapat dikumpulkan dan tersedia untuk semua orang di mana saja dan di saat itu juga dalam database dunia paling menakjubkan yaitu The Encyclopedia of Life dengan url http://eol.org.

The Encyclopedia of Life adalah halaman web untuk setiap spesies sebagai katalis pidato naturalis Edward O. Wilson pada tahun 2007 di TED yang bermimpi menyatukan semua data taxonomy spesies dalam website.

Gagasan tersebut kemudian mendasari kolaborasi the Smithsonian Institution, the Field Museum of Natural History, Harvard University, the Missouri Botanical Garden, the Marine Biological Laboratory dan the Biodiversity Heritage Library.

Para peneliti konsorsium ini mengumpulkan dan memeriksa informasi semua spesies yang telah dikenal di planet ini dari lemur terbang nokturnal hingga peta distribusi spesies jamur madu.

Mereka mengumpulkan informasi dari ratusan sumber termasuk database seperti Barcode of Life dan Morphbank yang bekerja dalam format konsisten dan mengaturnya ke dalam halaman spesies individu.

Sekarang penelitian Anda menjadi semakin mudah dan semua tersedia secara online di Encyclopedia of Life. Anda juga dapat join berkolaberasi dan berkontribusi dengan mereka di sini. Selamat meneliti.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…