Langsung ke konten utama

Menyusun Author Profile atau Profil Peneliti

Tutorial Penelitian ~ Tidak ada kewajiban melampirkan author profile atau profil penulis/peneliti di laporan penelitian, tapi juga tidak ada larangan tentang hal ini.

Jadi terlihat keren jika Anda melampirkan profil di halaman paling bawah skripsi, tesis dan disertasi yang telah Anda susun dan diketik 1 spasi.

Lembar profil bisa menjadi media untuk memperkenalkan diri sekaligus memberi informasi tambahan bagi pembaca mengenai latar belakang pendidikan, aktivitas dan minat yang Anda tekuni.

Lembar profil ini terdiri dari satu halaman dan tidak boleh lebih. Redaksional terdiri dari 6 poin yaitu:
  1. Nama
  2. Foto
  3. Current position (posisi sekarang).
  4. Education (pendidikan terakhir).
  5. Nonscientific interests (aktivitas non-akademik).
  6. Deskripsi.

Foto berwarna dan diusahakan tersenyum. Current position adalah aktivitas atau pekerjaan terkini yang Anda tekuni, education adalah pendidikan terakhir dan nonscientific interests adalah minat non-akademik misalnya hobi.

Deskripsi berisi penjelasan singkat tentang minat, fokus akademik atau aktivitas profesional yang telah atau sedang Anda jalankan. Anda juga bisa menjelaskan proyek-proyek atau program-program kerja yang ingin dicapai.

Berikut contoh sebuah contoh author profile atau profil penulis/peneliti:


Ratna Kartika

Posisi sekarang: Kandidat Magister Sains pada Program Studi Magister Biologi Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro, Semarang.

Pendidikan: Sarjana (S1) Biologi tahun 2010, Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro, Semarang.

Aktivitas non-akademik: Mendaki gunung, jalan-jalan dan bercocok tanam.

Pengalaman pertama di Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro, Semarang, ketika menempuh sarjana S1. Saya mendapatkan penghargaan untuk penelitian dasar respon imun Ayam Peliharaan (Gallus gallus domesticus).

Saya juga memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi biologi molekuler lainnya melalui magang akhir semester, termasuk di Laboratorium Diagnostik Kesehatan LIPI. Saya paling bersemangat pada pemahaman tentang jalur pensinyalan sel.

Saya memulai program magister karena fokus pada pemahaman jaringan sinyal dan saat ini menggunakan berbagai metode untuk mempelajari PKA signaling dalam nucleus dan distribusi kalsium-kalmodulin terikat di sel.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…