Skip to main content

Menyusun Abstrak Penelitian

Tutorial Penelitian ~ Abstrak adalah ringkasan singkat sebuah proyek yang menggambarkan isi, ruang lingkup, tujuan, metodologi, temuan dan kesimpulan.

Abstrak adalah etalase informasi suatu pekerjaan dari proyek penelitian, laporan pertanggugjawaban (LPJ), laporan program organisasi, pemerintah dan lain-lain.

Di dalam bidang laporan hasil penelitian, abstrak bervariasi menurut disiplin ilmu dan kadang-kadang perbedaan juga sering terjadi meskipun dalam satu lingkup disiplin ilmu yang sama.

Abstrak dalam hard science dan ilmu sosial lebih menekankan pada metode yang digunakan, sedangkan humaniora lebih sering menghabiskan lebih banyak untuk menjelaskan tujuan penelitian.

Ingat bahwa abstrak adalah deskripsi dari proyek Anda dan bukan deskripsi topik. Anda mungkin binggung karena abstrak sangat singkat, penting bahwa abstrak tidak menjebak untuk seluruh latar belakang topik.

Abstrak harus mempertimbangkan audiens sehingga proyek Anda dapat dipahami pihak non-spesialis. Hindari jargon yang menyebabkan kekaburan, sebagai gantinya Anda memilih istilah yang jelas bagi khalayak luas.

Cakupan Abstrak

Kenyataan bahwa abstrak berbeda-beda pada setiap disiplin, tapi setiap abstrak harus mencakup 4 jenis informasi utama yaitu tujuan dan dasar pemikiran, metode yang digunakan, hasil yang diperoleh dan kesimpulan sebagai berikut:

1. Tujuan Utama dan Dasar Pemikiran

Beberapa kalimat pertama abstrak harus berangkat untuk memecahkan suatu masalah atau untuk menjelajahi dan menjelaskan alasan atau motivasi proyek penelitian yang ingin dicapai.

Masalah penelitian muncul dari pertanyaan penelitian, kesenjangan teori, desakan publik dan lain-lain. Tujuan penelitian adalah upaya untuk memecahkan masalah tersebut dan/atau menambah wawasan ilmiah.

2 Metode yang Digunakan

Abstrak harus menjelaskan bagaimana cara yang ditempuh untuk memecahkan atau menjelajahi masalah yang telah diidentifikasi sebagai tujuan utama yang ditetapkan.

Bagi hard science dan ilmu sosial, bagian ini harus mencakup deskripsi singkat pelaksanaan penelitian. Bagi humaniora, bagian ini harus memuat setiap kerangka teoritis atau asumsi metodologis.

3. Hasil yang Diperoleh

Bagian ini harus mencantumkan hasil pekerjaan yang telah Anda peroleh sejauh ini. Jika penelitian belum lengkap, Anda dapat memasukkan sebagai hasil awal atau hipotesis untuk proyek penelitian berikutnya.

4. Kesimpulan

Abstrak harus ditutup dengan pernyataan implikasi dan kontribusi keilmuan. Abstrak harus meyakinkan pembaca bahwa proyek ini menarik, berharga dan perlu ditindaklanjuti.

Redaksional

Ditulis dengan jelas dan ringkas, diketik menggunakan spasi rapat (single), jumlah kata berkisar 150-300 sudah termasuk judul dan disertai sebanyak 3-5 kata kunci (keyword).

Kiat Menyusun Abstrak

Gunakan kalimat pendek dan to the point, variasikan struktur kalimat agar cair dan menghindari kebuntuan. Jangan menyertakan sumber, angka atau tabel. Jangan menggunakan kalimat jargon.

Akhirnya, mintalah orang di luar bidang disiplin atau awam untuk membaca dan menunjukkan poin yang membingungkan. Jika Anda dapat membuat abstrak yang bisa dimengerti non-spesialis, maka layak terbit.

Comments

Popular

Two Way ANOVA SPSS

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Jenis-Jenis Teknik Sampling