Skip to main content

Membuat Presentasi Power Point

Tutorial Penelitian ~ Presentasi Power Point adalah poster yang menggabungkan teks dan grafis untuk menyajikan proyek Anda secara visual secara menarik dan dapat diakses.

Presentasi memungkinkan Anda untuk menampilkan hasil pekerjaan Anda kepada sekelompok besar forum dan berdiskusi dengan menerima umpan balik dari audien yang tertarik.

Sesi presentasi sangat umum dalam dunia ilmiah. Format presentasi berbeda-beda pada setiap disiplin, tetapi pada setiap kasus, poster harus jelas mengartikulasikan apa, bagaimana, mengapa dan kontribusi pekerjaan Anda.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda akan menyusun presentase poster:

Kejelasan dan Daya Tarik Konten

Ada 2 goal dalam menyusun presentasi poster yaitu:
  1. Kejelasan konten.
  2. Ketertarikan dan aksesibilitas visual.
Penting diketahuai apakah Anda menyuguhkan kepada audien spesialis ataukah non-spesialis. Jika berisi audien spesialis, Anda bisa memasukkan konten detail karena mereka telah akrab dengan dasar-dasar pemikiran Anda.

Jika melakukan presentasi dalam lingkungan di mana hadirin tidak akrab dengan wilayah studi, Anda perlu menjelaskan lebih lanjut tentang perdebatan tertentu dengan mendefinisikan istilah-istilah teknis.

Kadang juga hadirin kurang tertarik dengan rincian spesifik dan lebih tertarik pada apa dan mengapa Anda menjalan proyek tersebut, motivasi yang lebih luas dan dampaknya pada kehidupan mereka sendiri.

Mempersempit Paparan

Salah satu perangkap terbesar presentasi power point yaitu mengisi dengan begitu banyak teks yang menguras tenaga hadirin dan menyulitkan mereka untuk menangkap di mana poin yang paling penting.

Tidak semua setiap detail proyek harus ditampilkan, sebaliknya fokuskan untuk menjelaskan nilai penelitian Anda. Paparkan kontribusi penelitian untuk disiplin Anda dan ilmu pengetahuan yang lebih luas.

Efektivitas presentase tergantung pada seberapa cepat dan mudah audien membaca dan menafsirkannya. Anda cuma memiliki beberapa detik untuk menarik perhatian. Jadi buatlah poster secara visual mencolok.

Mengatur Tata Letak

Secara umum, orang terbiasa membaca informasi dari kiri ke kanan dan atas ke bawah. Pemirsa menyerap informasi dari sebuah poster dengan beberapa kolom yang mengalir dari kiri ke kanan.

Bayangkan poster Anda dengan segitiga terbalik berpusat dari atas ke bawah bahwa orang cenderung melihatnya pertama yang sering digunakan untuk judul, hasil dan kesimpulan.

Detail sekunder dan informasi pendukung cenderung jatuh ke samping dengan kanan bawah memiliki informasi yang lebih kecil seperti referensi dan informasi kontak pribadi.

  1. Area fokus utama. Lokasi info fundamental seperti judul, abstrak, hasil, kesimpulan
  2. Area penekanan sekunder. Lokasi info penting seperti intro, hasil, ringkasan
  3. Area pendukung. Lokasi info pendukung seperti Metode, pembahasan
  4. Area info terakhir. Lokasi info tambahan seperti referensi, ucapan terima kasih, informasi pribadi

Gunakan Tabel dan Grafik

Alat bantu visual paling efektif adalah konten yang mencolok dan pemaparan data empiris yang terbaik berupa tabel dan grafik yang mendeskripsikan bagaimana data Anda menegaskan hipotesis.

Anda mungkin dapat memasukkan foto, ilustrasi dan penjelasan lainnya yang menunjukkan mengapa proyek Anda sangat menarik atau unik. Alat bantu visual harus menegaskan pesan secara keseluruhan.

Perhatikan Redaksional

Ada beberapa trik yang secara umum dapat membantu sebuah presentase poster menarik dan mudah dipahami yaitu:
  1. Gunakan font besar. Pastikan 95% teks dapat dibaca dari jarak 4 meter.
  2. Pilih font sans-serif seperti Helvetica atau Verdana.
  3. Konsisten gunakan hanya satu jenis font tersebut untuk semua paparan.
  4. Gunakan spasi 1,5 atau double.
  5. Gunakan font bold, italic, color atau membingkai teks dalam kotak.

Comments

Popular

Two Way ANOVA SPSS

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Jenis-Jenis Teknik Sampling