Skip to main content

Tutorial Olah Data SPSS : Mengenal Spreadsheets dan Output

Tutorial Penelitian ~ Tutorial olah data SPSS paling mendasar bagi pengolah data level pemula adalah membuka spreadsheets dan output.

Setelah software SPSS selesai terinstal di komputer, maka muncul shortcut SPSS di layar monitor. Klik shortcut. Ketika program terbuka maka secara otomatis tercipta 2 file sekaligus yaitu file berisi spreadsheets dan file berisi output.

Menjalankan program SPSS berarti mengoperasikan 2 file sekaligus. Kedua file saling terhubung, artinya setiap eksekusi di spreadsheets pasti tersimpan di output. Penjelasan satu per satu sebagai berikut:


SPREADSHEETS

Spreadsheets adalah tempat input data. Jadi file ini berisi data hasil rekap dari kuesiner yang sudah ditabulasi di file spreadsheets Microsoft Excel. Spreadsheets SPSS memiliki 2 sisi yaitu Data View dan Variable View.

Gambar 1
Untuk berpindah dari Data View ke Variable View dan sebaliknya tinggal klik foot menu yang terletak di Spreadsheets paling bawah seperti dalam Gambar 1 (klik gambar untuk perbesar):

Data View dan Variable View masing-masing terdiri dari kolom dan baris yang nantinya sebagai tempat meletakkan data-data hasil tabulasi kuesioner dan keterangan-keterangan yang diperlukan.

1. Spreadsheets Data View

Gambar 2
Data View adalah tempat untuk input data asli yaitu berisi data berupa kode numerik angka atau skor. Gambar 2 adalah penampakan spreadsheets Data View (klik gambar untuk perbesar).

Spreadsheets Data view terdiri dari kolom-kolom yaitu matrik yang mengindikasikan data variebel penelitian dan baris-baris yaitu matrik yang mengindikasikan tiap-tiap sampel penelitian (n).

2. Spreadsheets Variable View

Gambar 3
Variable View adalah tempat untuk input keterangan pada Data View. Di sini berisi data string seperti Pria dan Wanita, Setuju dan Tidak Setuju dan sebagainya. Gambar 3 adalah penampakan spreadsheets Variable View (klik gambar untuk perbesar).

Spreadsheets Variable View terdiri dari kolom-kolom yaitu matrik yang mengindikasikan keterangan data dan baris-baris yaitu matrik yang mengindikasikan tiap-tiap sampel penelitian (n).


OUTPUT

Output adalah file yang dibuat otomatis oleh SPSS ketika kita membuka program. File outout merekam apa saja yang kita eksekusi ketika melakukan perintah. Gambar 4 adalah penampakan output SPSS (klik gambar untuk perbesar).

Gambar 4
Pada file output ini nantinya berisi semua perintah dan hasil-hasil analisis yang kita lakukan di spreadsheets, mulai dari penyimpan (save), menambah variabel hingga mengkoreksi erorr yang mungkin terjadi.

Untuk sementara tutorial olah data SPSS sampai di sini dulu. Tahapan-tahapan dijelaskan dalam tutorial selanjutnya. Ikuti terus update tutorial olah data SPSS di sini. Selamat Meneliti!
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,