Langsung ke konten utama

Tutorial Olah Data SPSS : Input Data

Tutorial Penelitian ~ Input data adalah mengisi data yang akan dianalisis ke dalam spreadsheets dalam hal ini mengcopy data dari tabulasi data di spreadsheets Microsoft Excel ke dalam spreadsheets SPSS.

Langkah yang dilakukan untuk input data yaitu mengcopy data dari spreadsheets Microsoft Excel ke dalam spreadsheets Data View SPSS dan memberi deskripsi dan skala di Variable View.

Kasus:
  • N = 100
  • Jenis Kelamin (Skala Nominal):
    • Kode 1 Pria
    • Kode 2 Wanita
  • Variabel Keputusan Pembelian (Skala Ordinal, Likert)
    • Skor 1 Sangat Tidak Setuju
    • Skor 2 Tidak Setuju
    • Skor 3 Netral
    • Skor 4 Setuju
    • Skor 5 Sangat Setuju


INPUT SPREADSHEETS DATA VIEW SPSS

Gambar 1
Select all spreadsheets Microsoft Excel lalu copy dan paste di spreadsheets Data View SPSS. Kolom N jangan ikut dicopy karena di spreadsheets Data View SPSS sudah tersedia nomor agar tidak menambah Variabel nantinya.

Gambar 1 (klik gambar untuk perbesar) di bagian kiri adalah spreadsheets Microsoft Excel yang dicopy dan bagian kanan adalah spreadsheets Data View SPSS setelah dipaste.

Dengan demikian kolom dari kiri ke kanan adalah Jenis kelamin menempati Variabel VAR00001, Y.1 menenpati Variabel VAR00002, Y.2 menempati Variabel VAR00003 dan seterusnya.


INPUT SPREADSHEETS VARIABLE VIEW SPSS

Gambar 2
Pindah ke Variable View. Pada kolom Label pada masing-masing baris secara berurutan tulislah Jenis Kelamin, Y.1, Y.2, Y.3 dan K. Pembelian (Y) seperti terlihat pada Gambar 2 (klik gambar untuk perbesar).

Kemudian klik masing-masing baris Values sehingga muncul jendela pop-up. Jenis kelamin diisi dengan Value kode 1 lalu Label Pria dan Value 2 dengan Label Wanita.

Begitu pula dengan baris yang lain yaitu Y.1 diisi Value 1 dengan Label Sangat Tidak Setuju, Value 2 dengan Label Tidak Setuju dan seterusnya. Untuk baris Y biarkan kosong karena kita tidak membutuhkan label. Save semua file.

Tutorial olah data SPSS sampai di sini dulu. Tahapan-tahapan yang lain dijelaskan dalam tutorial selanjutnya. Ikuti terus update tutorial olah data SPSS di sini. Selamat Meneliti!

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…