Langsung ke konten utama

Desain Penelitian Medis : Studi Observasional

Tutorial Penelitian ~ Observational studies atau pendekatan observasional adalah penelitian medis yang memiliki 4 jenis utama yaitu case-series, case-control, cross-sectional (surveys) dan cohort.

Desain case-series study atau studi kasus adalah desain yang paling sederhana di mana peneliti menjelaskan beberapa pengamatan menarik atau keanehan dimiliki pada sejumlah kecil pasien.

Case-series study sering menghasilkan hipotesis yang kemudian diteliti dalam case-control, cross-sectional atau cohort. Ketiga jenis penelitian didefinisikan berdasarkan jenis waktu penelitian, arah atau fokus pertanyaan penelitian.

Case-control dan cohort umumnya melibatkan jangka waktu yang ditetapkan kapan penelitian dimulai dan kapan berakhir. Untuk alasan ini, baik case-control dan cohort kadang-kadang juga disebut studi longitudinal.

Perbedaan utama adalah arah penyelidikan atau fokus pertanyaan penelitian. Case-control fokus ke belakang atau dari dampak ke faktor risiko, sedangkan cohort yang memandang ke depan atau dari faktor risiko ke dampak.

Penelitian cross-sectional menganalisis data yang dikumpulkan pada sekelompok subjek pada satu waktu. Untuk penjelasan satu persatu akan dibahas di dalam tutorial-tutorial selanjutnya

Sampai di sini dulu tutorial mengenai pengertian studi observasional. Anda dapat terus memantau jenis-jenis desain penelitian medis di sini. Jangan lewatkan. Selamat meneliti!

Saran Bacaan :

Burns N., Grove S.K. (2002). Understanding Nursing Research, 3rd ed. WB Saunders.

Hulley S.B. (Ed), Cummings SR, Browner W.S. et al. (2001). Designing Clinical Research, 2nd ed. Lippincott Williams & Wilkins.

Kleinbaum D.G., Kupper L.L., Muller K.E., Nizam A., Nizati A. (1997). Applied Regression Analysis and Other Multivariable Methods, 3rd ed. Duxbury Press.

Garb J.L. (1996). Understanding Medical Research. Little, Brown.

Greenberg R.S., Daniels S.R., Flanders W.D., Eley J.W., Boring J.R. (2002). Medical Epidemiology, 3rd ed. McGraw-Hill.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…