Skip to main content

Tutorial Olah Data SPSS : Uji Chi-Square

Tutorial Penelitian ~ Chi-square adalah uji statistik nonparametrik untuk mencari hubungan variabel-variabel penelitian dan melihat kecenderungannya menggunakan tabulasi silang dan Odd Ratio.

Chi-square dapat mengetahui hubungan antar variabel, tetapi tidak dapat untuk mengetahui seberapa besar hubungan tersebut. Data yang digunakan harus ditransformasi ke dalam skala non-rasio.

Intereprestasi untuk hasil analisis Chi-square memilili 3 fitur yaitu uji signifikasi hipotesis (Pearson Chi-Square), uji tabulasi silang (crosstabulation) dan uji odd ratio (risk estimate).

Kasus:
  • Adakah hubungan antara Risiko Umur Ibu dengan Berat Badan Bayi Lahir Rendah (BBBLR)?
  • N = 10
  • Umur Ibu menggunakan skala interval
    • Berisiko = 30 ke atas
    • Tidak Berisiko = 30 ke bawah
  • BBBL menggunakan skala interval
    • BBBLR = 2500 gram ke bawah
    • Tidak BBBLR = 2500 gram ke atas

INPUT DATA

Gambar 1
Input data ke spreadsheets Microsoft Excel kemudian copy dan paste ke spreadsheets Data View SPSS dilanjutkan dengan input parameter deskripsi ke spreadsheets Data Variable SPSS.

Gambar 1 (klik untuk perbesar) adalah penampakan spreadsheets Data View SPSS. Dengan demikian kita memliki 2 kolom variabel. Pada tahap ini input data sudah selesai. Lanjut langkah perintah uji.


LANGKAH-LANGKAH
  1. Klik Analyze - Descriptive Statistics - Crosstabs...
  2. Pindahkan Umur ke Row(s) dan BBBL ke Column(s)
  3. Klik Statistics. Pilih Chi-square, Contogenxy coefficient, Phi and Cramer’s V dan Risk. Klik Continue
  4. Klik Cells. Pilih Observed, Expected, Row dan Total. Klik Continue
  5. Klik OK
Gambar 2
Gambar 2 (klik untuk perbesar) adalah menu pop-up pada saat Anda melakukan langkah ke-2, ke-3 dan ke-4 yaitu memilih variabel yang akan dianalisis dan kriterium.

Pada tahap ini langkah uji Chi-square sudah selesai dan kita sudah memiliki output. Langkah selanjutnya adalah mengambil keputusan berdasarkan output tersebut.


PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN INTERPRESTASI
[Download Output file Pdf 48 KB]
  • Jika Sig di atas 0,05 maka Ho diterima
  • Jika Sig di bawah 0,05 maka Ho ditolak

Klik link di atas untuk download output. Nilai Pearson Chi-Square sebesar 4,286 dengan Asymp. Sig. (2-sided) sebesar 0,038 atau lebih kecil dari 0,05 sehingga diputuskan Risiko Umur Ibu dan BBBLR berhubungan nyata dan signifikan.

Output "Umur Ibu*BBBL Crosstabulation" (Tabulasi Silang) menunkukkan Umur Berisiko dan BBBLR sebanyak 3 subjek, sedangkan Umur Berisiko dan Tidak BBBLR sebanyak 0 subjek. Umur Tidak Berisiko dan BBBLR sebanyak 2 subjek, sedangkan Umur Tidak Berisiko dan Tidak BBBLR sebanyak 5 subjek.

Output "Risk Estimate" (Odd Ratio atau OR) sebesar 3,500 berarti Umur Berisiko mempertinggi terjadinya BBBLR. Jika OR di atas 1 berarti mempertinggi risiko, OR sama dengan 1 tidak berasosiasi dan OR di bawah 1 mengurangi risiko.

Sekian dulu tutorial olah data SPSS. Analisis-analisis yang lain dijelaskan dalam tutorial selanjutnya. Ikuti terus update tutorial olah data statistik SPSS. Selamat Meneliti!
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,