Langsung ke konten utama

India, Sebuah Bangsa Dengan Ambisi Besar

Tutorial Penelitian ~ India adalah sebuah bangsa dengan ambisi besar yang membuat langkah penting dalam membangun sains, meskipun terus bersusah payah mewujudkan potensi penuh.

Department of Science and Technology India bertekad dengan bangga menuju negara maju bahwa "India is one of the top-ranking countries in the field of basic research".

Memang benar India telah membuat kemajuan besar di bidang bioteknologi, energi dan antariksa. Tetapi negara ini juga terperosok dalam masalah yang menghambat inovasi dan kemajuan.

India memiliki SDM ilmiah lemah, relatif sedikit universitas berkualitas tinggi, sektor manukfatur rendah dan birokrasi buruk. Hasilnya banyak ilmuwan hengkang ke negara-negara maju untuk mencari pekerjaan lebih layak.

Tidak mudah menjadi negara superpower. India mencurahkan kurang dari 1% produk domestik bruto untuk R&D yang jauh di belakang China dan Brasil, serta negara ekonomi mapan Amerika Serikat dan Eropa.

Salah satu tantangan terbesar India adalah meningkatkan ilmu pengetahuan untuk mendorong pembangunan nasional yang harus diawali memperluas tenaga kerja penelitian.

Pemerintah sudah mengambil langkah-langkah ke arah yang benar dengan kebijakan insentif pajak untuk penelitian dan meningkatkan investasi riset oleh beberapa industri, tetapi sejauh ini belum mendorong inovasi luas.

Di sisi lain India harus mengatasi masalah birokrasi yang menghambat inovasi. Para ilmuwan mengeluh dana hibah selalu datang terlambat, masalah yang selalau dihadapi Council of Scientific and Industrial Research (CSIR).

Perdana Menteri Narendra Modi seperti juga para pendahulunya mengecam sistem birokrasi yang menghambat sains. Tapi ada sedikit kemajuan, kuncinya meningkatkan ilmuwan berbakat menduduki posisi penting administrasi.

Salah satunya Krishnaswamy VijayRaghavan, genetikawan yang pada 2013 menduduki kepala Department of Biotechnology dengan merampingkan proses administrasi yang terkenal rumit.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…