Langsung ke konten utama

Rekor Paper 5.154 Author di Physical Review Letters

Tutorial Penelitian ~ Laporan tim kolaborasi detektor Large Hadron Collider berkolaborasi untuk perkiraan lebih tepat ukuran Higgs boson menjadi rekor dengan lebih dari 5.000 author.

Sebuah paper jurnal yang terbit di Physical Review Letters menyertakan 5,154 peneliti yang memecahkan rekor untuk jumlah terbesar kontributor sebuah artikel penelitian tunggal.

Hanya 9 halaman dalam 33 halaman yang mendeskripsikan penelitian itu sendiri termasuk referensi. Sisanya 24 halaman lain berisi daftar penulis dan lembaga afiliasi mereka.

Artikel ini adalah karya bersama pertama dari 2 tim yang beroperasi di ATLAS dan CMS, dua detektor besar di Large Hadron Collider (LHC) di CERN, dekat Jenewa, Swiss.

Setiap tim merupakan kolaborasi yang melibatkan peneliti dari puluhan lembaga dan negara. Gabungan data kedua kelompok menghasilkan perkiraan paling akurat massa Higgs boson dengan ± 0,25%.

Rekor sebelumya dipegang paper tahun 2008 tentang eksperimen tumbukan proton di CMS yang menyertakan 3.000 author. Pada tahun 2012 tim ATLAS melaporkan tentang partikel Higgs dengan mencantumkan 2.932 author.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…