Skip to main content

Tutorial Olah Data SPSS : Uji Beda Independent-Sample t Test

Tutorial Penelitian ~ Uji beda Independent-Sample t Test adalah uji statistik parametrik untuk mengentahui adakah perbedaan mean dua kelompok data yang independen atau tidak terkait.

Uji t independen pada prinsipnya membandingkan rata-rata dari dua group yang tidak berhubungan satu dengan yang lain dengan tujuan apakah kedua group tersebut mempunyai rata-rata yang sama atau tidak.

Kasus:
  • Adakah perbedaan kandungan kadnium dalam hemoglobin pada kelompok anjing yang terpapar kadnium dan kelompok anjing yang tidak terpapar?
  • N = 10
  • Hemoglobin skala rasio
  • Kadnium skala nominal
    • Terpapar = 1
    • Tidak terpapar = 2

INPUT DATA

Gambar 1
Input data ke spreadsheets Microsoft Excel kemudian copy dan paste ke spreadsheets Data View SPSS dilanjutkan dengan input parameter deskripsi ke spreadsheets Data Variable SPSS.

Gambar 1 (klik untuk perbesar) adalah penampakan spreadsheets Data View SPSS. Dengan demikian kita memliki 2 kolom variabel. Pada tahap ini input data sudah selesai. Lanjut langkah perintah uji.


LANGKAH-LANGKAH
  1. Klik Analyze - Compare Means - Independent-Sample t Test...
  2. Masukkan Hemoglobin ke Test Valiable(s)
  3. Masukkan Paparan ke Grouping Variable
  4. Klik Define Groups - Isilah Goup 1 dengan 1 dan Group 2 dengan 2. Klik Continue
  5. Klik OK
Gambar 2
Gambar 2 (klik untuk perbesar) adalah menu pop-up pada saat Anda melakukan langkah ke-2, ke-3, ke-4 dan ke-5 yaitu memilih variabel yang akan dianalisis dan kriterium.

Pada tahap ini langkah uji beda Independent-Sample t Test sudah selesai dan kita sudah memiliki output. Langkah selanjutnya adalah mengambil keputusan berdasarkan output tersebut.


PENGAMBILAN KEPUTUSAN
  • Jika Sig di atas 0,05 maka Ho diterima
  • Jika Sig di bawah 0,05 maka Ho ditolak
Gambar 3
Gambar 3 (klik untuk perbesar) adalah output hasil uji beda Independent-Sample t Test. Ada dua nilai t dan taraf signifikansinya yaitu Equal Variance assumed dan Equal Variance not assumed.

Equal Variance assumed berarti kedua varian populasi adalah identik dan Equal Variance not assumed bahwa kedua varian populasi tidak identik. Untuk menentukannya digunakan uji F.

Taraf sig. F adalah 0,100 artinya Ho diterima bahwa kedua varian populasi identik (Equal Variance assumed). Karena sig F mempunyai keputusan Equal Variance assumed maka t test menggunakan Equal Variance assumed.

Nilai t Equal Variance assumed sebesar 2,493 dengan Sig. (2-tailed) adalah 0,037 atau lebih kecil dari 0,05 sehingga diputuskan ada perbedaan kandungan kadnium dalam hemoglobin anjing yang terpapar dan anjing yang tidak terpapar.

Sekian dulu tutorial olah data SPSS. Analisis-analisis yang lain dijelaskan dalam tutorial selanjutnya. Ikuti terus update tutorial olah data statistik SPSS. Selamat Meneliti!
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,