Skip to main content

Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) Bahas Skema Hibah

Tutorial Penelitian ~ Sebuah asa atas kebuntuan sains dan teknologi di Indonesia, Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) merancang skema program hibah penelitian dengan membentuk Indonesian Science Fund (ISF).

Menginjak ulang tahun ke-25, AIPI menggandeng 3 lembaga ilmu pengetahuan independen internasional yaitu US National Academy of Sciences, Australian Academy of Sciences dan Koninklijke Nederlandse Akademie van Wetenschappen.

Indonesian Science Fund (ISF) dibentuk guna mengumpulkan dana penelitian di Indonesia sebagai dana abadi untuk ilmu pengetahuan berbasis riset, kata Sangkot Marzuki, ketua AIPI dalam sebuah pernyataan.

Perkembangan sains dan teknologi di Indonesia sangat memprihatinkan, bahkan menduduki peringkat terendah banding di negara-negara lain di wilayah Asia Tenggara.

Belanja riset dasar perguruan tinggi negeri tahun 2010 hanya 23,02 persen, sedangkan penelitian terapan 56,62 persen. Jumlah proposal riset dasar yang didanai pemerintah turun 150 judul sejak 2007 hingga tak lebih dari 50 judul pada 2012.

“Pemerintah Indonesia semakin sedikit menaruh dana untuk riset. Hari ini saja tidak ada,” kata Marjuki dalam sebuah pernyataan.

AIPI dibentuk pada tahun 1990 berdasarkan Undang-Undang No.8 Tahun 1990 tentang Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia yang salah satu pendirinya adalah BJ Habibie ketika menjabat Menteri Sains dan Teknologi.

"AIPI harus fokus membuat impact untuk masyarakat. Anggota AIPI diharapkan dapat bersinergi dan menghasilkan konsep untuk memajukan negeri," kata Habibie dalam sebuah pernyataan.

Comments

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Two Way ANOVA SPSS

Jenis-Jenis Teknik Sampling