Langsung ke konten utama

Register Peneliti di ORCID (Open Researcher and Contributor ID)

Tutorial Penelitian ~ ORCID (Open Researcher and Contributor ID) adalah kode string alfanumerik pribadi yang secara unik mengidentifikasi akademisi dan konten ilmiah lainnya.

Peneliti dan sarjana menghadapi tantangan berkelanjutan dalam membedakan kegiatan penelitiannya dari orang lain terkait dataset, peralatan, artikel, kutipan, paten dan hibah.

Ketika Anda berkolaborasi di seluruh disiplin ilmu dan lembaga, Anda harus menghadapi jumlah dan keragaman informasi penelitian. Memasukkan biodata berulang-ulang memakan waktu dan membuat frustrasi.

ORCID (http://orcid.org) mengatasi masalah yang dihadapi author yang sulit dikenali karena kebanyakan nama pribadi tidak unik, perbedaan budaya nama, singkatan dan sistem penulisan.

Kontribusi ilmiah dapat lebih mudah untuk mengevaluasi dan mengukur melalui sistem ID unik untuk mengidentifikasi seorang ilmuwan individu. Ini mirip Digital Object Identifier (DOI) dalam identifikasi publikasi ilmiah.

ORCID adalah lembaga non-profit, organisasi berbasis masyarakat terbuka untuk menciptakan dan memelihara registri pengenal peneliti yang unik dan metode transparan dalam mengkaitkan kegiatan ilmiah.

Sistem ORCID melampaui seluruh disiplin ilmu, sektor penelitian dan batas-batas negara. Aplikasi hub yang menghubungkan peneliti dan penelitian dalam alur profesi seperti manajemen profil, produksi naskah, hibah dan paten.

Registri tersedia secara gratis kepada individu untuk memperoleh ID dan mengelola arsip kegiatan. Arsip menyimpan informasi biodata non-sensitif seperti nama, email, afiliasi organisasi dan kegiatan penelitian.

Di awal berdirinya pada tahun 2012 ORCID didukung 23 organisasi termasuk Thomson Reuters, Nature Publishing Group, Elsevier, ProQuest, Springer, CrossRef, British Library, Wellcome Trust dan F1000.

Setiap peran dalam ilmu pengetahuan harus diakui dan dihargai, bukan hanya mereka yang menghasilkan publikasi profil tinggi. ORCID terbuka untuk siapa saja termasuk Anda yang turut berkontribusi untuk dunia ilmiah.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…