Langsung ke konten utama

Dua CubeSats Iringi NASA Insight Lander ke Mars

Tutorial Penelitian ~ Dua CubeSats menemami NASA Insight Lander ke Mars pada tahun 2016 yang turun melalui atmosfer Mars dan mendarat di permukaan.

Dua CubeSats NASA Mars Cube One (MarCO) akan terbang menyusuri Mars pada 2016 sebagai pendamping lander Insight (Interior Exploration using Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transport).

CubeSats adalah kelas wahana ruang berdasarkan pada standar ukuran kecil. Banyak mahasiswa membuatnya dan puluhan telah diluncurkan ke orbit Bumi memanfaatkan payload tambahan massa dalam roket.

CubeSat standar adalah kotak sekitar 10 cm persegi, ukuran besar bisa 2 kali lipatnya. Desain NASA MarCo dari 6 unit CubeSat dengan ukuran sekitar 36,6x24,3x11,8 cm.

Credit: NASA/JPL-Caltech
MarCo dan Insight diroketkan pada Maret 2016 dari Vandenberg Air Force Base, California, menggunakan Atlas V. Insight dijadwalkan harus mendarat permukaan Mars September 2016.

"MarCo adalah kemampuan eksperimental yang ditambahkan ke misi Insight, tetapi tidak menentukan keberhasilan misi. MarCo terbang secara mandiri ke Mars," kata Jim Green dari markas NASA di Washington.

Ini pertama kalinya CubeSats terbang ke luar orbit Bumi. Jika misi demonstrasi berhasil memungkinkan relay komunikasi untuk misi antar planet masa depan dalam beberapa menit kritis antara masuk atmosfer dan touchdown.

Pengembangan CubeSats hanya membutuhkan waktu singkat sehingga demonstrasi teknologi ini dapat mendorong banyak aplikasi lain untuk mengeksplorasi dan penelitian Tata Surya.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…