Langsung ke konten utama

Desain Penelitian Medis : Studi Meta-Analisis

Tutorial Penelitian ~ Desain penelitian medis meta-analisis adalah analisis sistematis dengan menggabungkan data dari banyak penelitian untuk menilai efektivitas temuan dan signifikansi statistik.

Suatu jenis studi yang tidak cocok dengan kategori studi observasi atau eksperimental disebut meta-analisis. Metode ini menggabungkan informasi hasil penelitian lain sehingga menghasilkan kesimpulan universal.

Meta-analisis mirip review paper, tetapi lebih luas yang meliputi penilaian kuantitatif dan ringkasan temuan-temuan lain dan bisa menempatkan studi observasional dan eksperimental ke dalam satu keranjang.

Metode ini sangat tepat ketika ilmuwan menemukan adanya baik persamaan dan perbedaan masing-masing hasil penelitian. Meta-analisis harus melaporkan temuan setiap jenis desain studi secara terpisah.


Veenstra dan rekan (1999) melakukan meta-analisis kateter dan infeksi vena sentral. Para peneliti ingin mengetahui apakah kateter diresapi antiseptik efektif mencegah infeksi aliran darah dibandingkan kateter tanpa aktiseptik.

Mereka menemukan 12 eksperimen random dan menggabungkan hasil statistik untuk mencapai kesimpulan secara keseluruhan bahwa kateter diresapi antiseptik efektif mengurangi kejadian infeksi pada pasien berisiko tinggi.

Sekian dulu tutorial kali ini. Anda dapat terus memantau bahasan penelitian medis lainnya di jenis-jenis desain penelitian medis. Jangan lewatkan sedikit pun. Selamat meneliti!

Saran Bacaan :

Veenstra DL. et al. (1999). Efficacy of Antiseptic-Impregnated Central Venous Catheters in Preventing Catheter-Related Bloodstream Infection. JAMA, 281(3):261-267. DOI:10.1001/jama.281.3.261

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…