Skip to main content

Analisis Regresi SPSS

Tutorial Penelitian ~ Analisis regresi adalah uji statistik parametrik untuk mengentahui adakah pengaruh dua atau lebih variabel bebas terhadap sebuah variabel tergantung.

Uji regresi adalah analisis multivariat untuk mengetahui pengaruh tiap-tiap (partial) maupun secara bersama (simultan) dua variabel bebas terhadap sebuah variabel tergantung.

Ketepatan fungsi regresi dalam menafsirkan nilai aktual dapat diukur dari Goodness of Fit suatu model berdasarkan pada 3 cakupan analisis sebagai berikut:
  1. Uji signifikansi F yaitu uji untuk menilai pengaruh beberapa variabel bebas secara bersama-sama (simultan) terhadap variabel tergantung.
  2. Uji signifikansi t yaitu uji untuk menilai pengaruh sebuah variabel bebas (parsial) terhadap variabel tergantung.
  3. Uji koefisien determinasi (R2) yaitu menguji seberapa besar sumbangan efektif variabel-variabel bebas terhadap variabel tergantung.
Kasus:
  • Apakah Harga dan Kualitas berpengaruh terhadap Pembelian? Penjabarannya sebagai berikut:
    1. Adakah pengaruh Harga dan Kualitas secara bersama-sama (simultan) terhadap Pembelian?
    2. Adakah pengaruh Harga terhadap Pembelian? Adakah pengaruh Kualitas terhadap Pembelian?
    3. Berapa sumbangan efektif (koefisien determinasi) kedua variabel bebas tersebut?
  • N = 10

Berdasarkan skema perumusan masalah dan variabel-variabel penelitian di atas maka disusun formula regresi sebagai berikut:

Y = a + bX1 + bX2 + e

Di mana :
  • Y = Pembelian
  • X1 = Harga
  • X2 = Kualitas
  • b = Beta koefisien
  • a = Konstanta
  • E = Error

INPUT DATA

Gambar 1
Input data ke spreadsheets Microsoft Excel kemudian copy dan paste ke spreadsheets Data View SPSS dilanjutkan dengan input parameter deskripsi ke spreadsheets Data Variable SPSS.

Gambar 1 (klik untuk perbesar) adalah penampakan spreadsheets Data View SPSS. Dengan demikian kita memliki 3 kolom variabel yaitu X1, X2 dan Y. Pada tahap ini input data sudah selesai. Lanjut langkah perintah uji.


LANGKAH-LANGKAH
  1. Klik Analyze - Regression - Linear...
  2. Pindahkan Pembelian ke Dependent, disusul masukkan Harga dan Kualitas ke Independent(s)
  3. Klik OK
Gambar 2
Gambar 2 (klik untuk perbesar) adalah menu pop-up pada saat Anda melakukan langkah-langkah ke-2 yaitu memilih data variabel bebas dan variabel tergantung yang akan dianalisis.

Pada tahap ini langkah uji regresi sudah selesai dan kita sudah memiliki output. Langkah selanjutnya adalah mengambil keputusan berdasarkan hasil output tersebut.


PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN INTERPRESTASI
[Download Output file Pdf 57 KB]
  • Jika Sig di atas 0,05 maka Ho diterima
  • Jika Sig di bawah 0,05 maka Ho ditolak
Klik link di atas untuk download output. Di dalam output tersebut berisi hasil-hasil pengujian regresi berdasarkan formula yang telah ditetapkan yaitu 2 variabel bebas dan 1 variabel tergantung.

Poin-poin utama yang diukur dalam Goodness of Fit terhadap model yang sudah diformulasikan sebagai berikut:
  1. Nilai F sebesar 14,989 dengan Sig. 0,003 atau lebih kecil dari 0,05 maka diputuskan ada pengaruh nyata dan signifikan variabel Harga dan Kualitas secara simultan terhadap Pembelian.
  2. Nilai t sebesar 0,697 dengan Sig. 0,508 atau lebih besar dari 0,05 maka diputuskan tidak ada pengaruh Harga terhadap Pembelian. Nilai t sebesar 2,511 dengan Sig. 0,040 atau lebih kecil dari 0,05 maka diputuskan ada pengaruh nyata dan signifikan Kualitas terhadap Pembelian.
  3. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,757 atau sebesar 75,7 persen menyatakan 75,7% Pembelian dapat dijelaskan dari Harga dan Kualitas, sedangkan sisanya yaitu 24,3 persen dipengaruhi variabel lain di luar dua variabel bebas tersebut.
Sekian dulu tutorial olah data SPSS. Analisis-analisis yang lain dijelaskan dalam tutorial selanjutnya. Ikuti terus update tutorial olah data statistik SPSS. Selamat Meneliti!

Comments

  1. thank u so much. ur blog just so helpful (:

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular

Two Way ANOVA SPSS

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Jenis-Jenis Teknik Sampling