Skip to main content

NASA Siapkan Instrumen Misi ke Bulan Europa Tahun 2020

Tutorial Penelitian ~ Misi NASA ke Europa untuk menguji keramahan bulan Jupiter bagi kehidupan. Europa mirip Bumi beku dengan semua materi yang tepat untuk mendukung organisme.

Apakah bulan Europa layak dihuni? Itulah pertanyaan besar di mana NASA berharap dapat menjawab dalam misi tahun 2020 ke bulan es tersebut yang rencananya dilengkapi 9 instrumen ilmiah.

Kongres AS mendukung penuh dengan menambahkan dosis yang tepat sebagai dukungan politik dan menambahkan anggaran awal untuk tahun 2016 termasuk US$30 juta untuk menyiapkan misi.

Europa, bulan yang memiliki lautan di bawah kerak es dengan ketebalan beberapa kilometer, dianggap kandidat terbaik tempat tinggal di luar Bumi dalam sistem Tata Surya.

Awal tahun ini, NASA mengumumkan rencana untuk mengirim probe bertenaga surya menuju Jupiter dan dijadwalkan menghabiskan 3 tahun di orbit sekitar Jupiter dan melakukan 45 flybys di atas Europa.

"Kami berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan besar dari mana kita berasal? Di mana kita akan pergi? Dan, apakah kita sendirian?" kata John Grunsfeld, administrator sains NASA.

Credit: NASA/JPL-Caltech
Probe menyapu Europa setidaknya 45 kali hingga 16 mil dari permukaan untuk mengumpulkan data. NASA menerima 33 proposal dari universitas dan lembaga penelitian untuk menyediakan instrumen sebagai berikut:
  1. Plasma Instrument for Magnetic Sounding (PIMS) untuk mengukur ketebalan es, kedalaman laut dan salinitas.
  2. Interior Characterization of Europa using Magnetometry (ICEMAG) untuk mengukur medan magnet dalam lokasi, ketebalan dan salinitas laut bawah permukaan.
  3. Mapping Imaging Spectrometer for Europa (MISE) untuk identifikasi dan memeta distribusi organik, garam dan material untuk menentukan kelayakhunian.
  4. Europa Imaging System (EIS) untuk pemetaan setidaknya 90 persen Europa pada resolusi 164 kaki.
  5. Radar for Europa Assessment and Sounding: Ocean to Near-surface (REASON) yaitu radar tembus es untuk karakterisasi kerak dan mengungkap struktur tersembunyi.
  6. Europa Thermal Emission Imaging System (E-THEMIS) yaitu detektor panas untuk memeta situs aktif seperti ventilasi hidrotermal.
  7. MAss SPectrometer for Planetary EXploration/Europa (MASPEX) untuk mengukur atmosfer sangat lemah dan materi permukaan.
  8. SUrface Dust Mass Analyzer (SUDA) untuk mengukur komposisi kecil partikel padat dan menganalisis langsung sampel permukaan ketika flybys rendah.
  9. Ultraviolet Spectrograph/Europa (UVS) untuk mendeteksi debu kecil, komposisi dan dinamika atmosfer.
"Ini benar-benar revolusi untuk mendapatkan peta permukaan global pada resolusi tingkat detail," kata Cynthia Phillips dari SETI Institute di California.

Data Europa terbaik yang tersedia saat ini diambil oleh probe Galileo yang mengorbit Jupiter tahun 1995-2003 dan foto sekitar 10 persen permukaan bulan dengan resolusi tinggi.

Satu hal kelemahan misi adalah alat yang dirancang khusus untuk mencari sidik jari kehidupan, misalnya, spektrometer massa yang bisa mendeteksi molekul yang disukai oleh makhluk hidup.

Comments

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Two Way ANOVA SPSS

Jenis-Jenis Teknik Sampling