Skip to main content

Urgenda Menang Gugatan Perdata Tentang Perubahan Iklim

Tutorial Penelitian ~ Pemerintah Belanda kehilangan kontrol kebijakan, kasus hukum perdata pertama yang mengugat pemerintah atas kebijakan emisi gas rumah kaca.

Kelompok lingkungan Urgenda atas nama 900 warga termasuk anak-anak melayangkan class action tentang perubahan iklim. Pengadilan distrik di Den Haag membuat putusan sebagai kejutan bagi para pakar hukum.

Gugatan mengklaim bahwa tindakan pemerintah dalam mengurangi emisi gas rumah kaca tidak maksimal dengan demikian pemerintah "sengaja meracuni warga negaranya sendiri dalam situasi yang berbahaya".

Urgenda meminta agar pengadilan di Den Haag "menyatakan bahwa pemanasan global lebih dari 2 derajat C menyebabkan pelanggaran hak asasi manusia di seluruh dunia".

Menurut Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim, pemerintah harus mengurangi emisi antara 25 hingga 40 persen untuk tahun 2020 di bawah tingkat tahun 1990 sehingga memiliki 50 persen untuk menghindari kenaikan 2 derajat C.

Tiga hakim setuju dengan gugatan class action dan memutuskan bahwa rencana pemerintah Belanda untuk mengurangi emisi sebesar 14-17 persen tingkat tahun 1990 untuk tahun 2020 adalah kebijakan ilegal.

Credit: Urgenda/Chantal Bekker
Keputusan menyatakan negara tidak boleh berkelit dengan argumen solusi untuk masalah iklim global ada di tangan semua negara di dunia. Pengadilan memerintahkan pemerintah memotong emisi gas rumah kaca minimal 25 persen pada tahun 2020.

"Semua penggugat gembira dengan hasilnya. Perubahan iklim adalah masalah besar yang perlu ditangani dengan lebih efektif" kata Marjan Minnesma yang mengupayakan gugatan pada tahun 2013 dalam pernyataan.

James Arrandale, pengacara dari Client Earth yang berbasis di London, mengatakan kemenangan Urgenda memunculkan cara serupa di negara-negara lain. Sekelompok aktivis di Belgia sedang melakukan hal yang sama.

Sekelompok ahli hukum internasional menerbitkan Oslo Principles bahwa kewajiban hukum menjaga iklim di tangan pemerintah. Pemerintah memiliki kewajiban hukum memotong emisi terlepas dari perundingan iklim PBB.
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,