Langsung ke konten utama

Desain Penelitian Medis : Studi Eksperimental

Tutorial Penelitian ~ Desain penelitian medis eksperimental adalah penelitian di mana peneliti melakukan perlakuan pada variabel bebas untuk mengukur pengaruhnya pada variabel tergantung terhadap kelompok eksperimen.

Studi eksperimental umumnya lebih mudah diidentifikasi dibanding studi observasional dalam laporan penelitian. Peneliti medis cenderung menyatakan secara eksplisit jenis desain studi eksperimental dibanding peneliti observasional.

Penelitian eksperimental dalam kedokteran yang melibatkan subjek manusia disebut uji klinis karena tujuan mereka adalah untuk menarik kesimpulan tentang standar terapi klinis tertentu.

Desian eksperimental memiliki banyak corak atau tipologi berdasarkan prosedurnya. Berdasarkan rujukan data pembanding dapat dikategorikan sebagai eksperimen terkontrol dan eksperimen tanpa kontrol.

Eksperimen terkontrol dapat dibedakan berdasarkan penarikan sampel yaitu randomized dan nonrandomized, berdasarkan urutan dapat dibedakan yaitu self-controls dan external controls.


Salah satu cara uji terkendali adalah memiliki 2 kelompok yaitu 1 kelompok menerima prosedur eksperimental (kelompok eksperimen) dan lainnya yang menerima plasebo atau prosedur standar (kelompok kontrol).

Kelompok eksperimen dan kontrol harus diperlakukan sama dalam segala hal kecuali untuk prosedur itu sendiri sehingga setiap perbedaan di antara kelompok benar-benar karena prosedur dan tidak faktor-faktor lain.

Cara terbaik untuk memastikan bahwa kelompok diperlakukan sama adalah untuk merencanakan intervensi untuk kedua kelompok untuk periode waktu yang sama dalam studi yang sama.

Studi eksperimental dianggap sebagai standar emas penelitian karena tes pra-post, kelompok kontrol dan kelompok random sangat kuat membangun validitas internal dibanding desain penelitian lain.

Untuk penjelasan satu persatu tipologi desain penelitian medis eksperimental simak terus update laman tutorial jenis-jenis desain penelitian medis di link ini. Selamat meneliti!

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…