Skip to main content

Ensiklik Paus Francis Misi Moral Pada Pemanasan Global

Tutorial Penelitian ~ Misi moral Paus Francis pada pemanasan global mencatat sejarah minggu ini dengan panggilan keras untuk menggalang kerjasama internasional mencegah pemanasan Bumi.

Sebuah pernyataan Vatikan paling kuat pada lingkungan dan perubahan iklim dalam ensiklik sebagai perintah khusus dalam menentukan prioritas utama bagi gereja Katolik dan 1,3 miliar penganutnya.

Tanggung jawab moral mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan menyerukan perubahan gaya hidup dalam penggunaan energi untuk menghindari kerusakan ekosistem.

Pesan bisa memiliki dampak penting untuk pembicaraan iklim internasional dengan khotbah terkoordinasi, homili dan media sebagai bagian dari kampanye pro lingkungan oleh Vatikan.

Ensiklik 192 halaman berjudul Laudato Sì (Terpujilah Tuhan) ditujukan sama untuk umat Katolik dan non-Katolik. Francis mengatakan para pemimpin politik selama ini telah gagal mencegah perubahan iklim.


Meskipun bukan Paus pertama yang membahas masalah lingkungan, Francis melakukan lebih teratur dan lebih kuat dari pendahulunya. Januari lalu ia mengatakan sudah waktunya membuat ensiklik tentang perubahan iklim.

Francis juga akan membahas lingkungan dalam pidato di Majelis Umum PBB pada bulan September nanti sebelum negara-negara di dunia bertemu bulan Desember untuk bernegosiasi batasan baru pada emisi gas rumah kaca.

Ia mengatakan bahwa level teknis harus dilengkapi dengan pergeseran sikap. Negara-negara kaya harus memikul tanggung jawab terbesar untuk menangani perubahan iklim bahwa efek negatifnya pada kaum miskin.

Paus menyoroti beberapa kegagalan seperti konferensi PBB tentang pembangunan berkelanjutan di Rio de Janeiro pada tahun 2012 yang menghasilkan deklarasi akhir tidak efektif.

Comments

Popular

Two Way ANOVA SPSS

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Jenis-Jenis Teknik Sampling