Skip to main content

Nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus Rambah Wilayah Baru

Tutorial Penelitian ~ Wilayah baru risiko nyamuk macan loreng Aedes aegypti dan Aedes albopictus pembawa penyakit demam berdarah dan chikungunya.

Pemanasan suhu iklim global membawa celah-celah baru eksplorasi serangga jahat pembawa vektor tropis ke wilayah lingkungan semakin luas. Sebuah tim melaporkan peta baru di jurnal eLIFE.

Dua serangga jahat segera membawa beberapa penyakit ke wilayah-wilayah baru dunia. Spesies nyamuk Ae. aegypti sudah ditemukan di zona merah pada gambar peta di bawah.

Tetapi mereka juga telah merambah di daerah berwarna orange. Kedua nyamuk dapat segera membawa virus yang bertanggung jawab untuk chikungunya dan demam berdarah.

"Ini prediksi terbaik distribusi global nyamuk pada tahun 2015," kata Simon Hay dari University of Oxford, yang memimpin analisis migrasi nyamuk.

Hay dan rekan memeta posisi tepat 22.000 Nyamuk Yellow Fever (Ae. aegypti) dan 20.000 Nyamuk Harimau Asia (Ae. albopictus). Kedua spesies bisa menularkan semua dari 3 virus pembawa penyakit.

Hay dan rekan memeta posisi dengan kondisi iklim dan lingkungan optimal untuk perkembangan setiap spesies. Analisis berdasarkan indikator pada curah hujan, suhu nyamuk dan lingkungan perkotaan.

Kemudian data iklim dan lanskap mengkalibrasi semua situs di dunia dengan kondisi yang optimal untuk kedatangan nyamuk. Peta ini menunjuk Ae. aegypti menyebar ke Mexico yang sebelumnya bersih.

Credit : M. Kraemer et al

"Tidak berarti di sana tidak ada, hanya saja keberadaanya belum didokumentasi secara resmi," kata Hay.

Di Eropa, kedua spesies secara bertahap membangun koloni di Mediterania terutama di Italia dan Yunani. Tapi Hay memprediksi tak berapa lama mencapai Spanyol, Portugal dan Balkan.

"Saya prediksi mereka mencapai wilayah lebih ke utara Perancis dan Jerman," kata Hay.

Meskipun demam berdarah dan chikungunya jarang fatal dan akhirnya sembuh, pasien sangat lemah dan menyakitkan. Tidak ada terapi atau vaksin tersedia dan hanya ada satu obat untuk demam berdarah masih bergelut dalam uji klinis.

Strategi terbaik saat ini hanya fogging. Eksperimen rekayasa genetik untuk mengganggu pola reproduksi serangga dan mengontrol penyebaran demam berdarah masih berlangsung di Brazil dan China.

Saran Bacaan :

Moritz U. G. Kraemer et al (2015). The global distribution of the arbovirus vectors Aedes aegypti and Ae. albopictus. eLIFE, DOI:10.7554/eLife.08347

Arunee Sabchareon et al. (2012). Protective efficacy of the recombinant, live-attenuated, CYD tetravalent dengue vaccine in Thai schoolchildren: a randomised, controlled phase 2b trial. The Lancet, DOI:10.1016/S0140-6736(12)61428-7
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,