Langsung ke konten utama

Jilbab Pluto Mulai Disibak Wahana NASA New Horizons

Tutorial Penelitian ~ Jilbab Pluto mulai terangkat, mungkin memiliki bintik-bintik seukuran Pulau Sumatera. Sebuah rantai bintik-bintik gelap misterius menandai permukaan Planet Pluto.

Citra terbaru wahana New Horizons ketika rendezvous 22 juta kilometer dari planet kerdil melihat noda sekitar 500 kilometer dan mencakup sekitar area yang sama dengan Pulau Sumatera.

Snapshot diambil tanggal 25 dan 27 juni menunjuk 2 wajah bola yaitu Pluto dan bulan terbesarnya, Charon, dalam warna sesungguhnya. Ini penampakan terbaik yang pernah di miliki sepanjang pengetahuan manusia.

Pluto terlihat coklat kemerahan kontras dengan Charon yang lebih gelap. Kutub Pluto menunjuk ke arah kamera berarti bagian bawah pada gambar sebenarnya khatulistiwa.

Credit: NASA/Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory/Southwest Research Institute 

Gambar kiri wajah Pluto yang terbaik sedangkan gambar kanan di putar untuk menunjukkan sisi belahan lainnya yang mengungkap serangkaian tempat misterius.

"Ini teka-teki nyata, kita tidak tahu dan tidak sabar menunggu untuk mencari tahu," kata Alan Stern, peneliti utama New Horizons dari Southwest Research Institute di Boulder, Colorado.

Misteri baru dan pertanyaan mengapa Charon jauh lebih gelap daripada Pluto menjadi bukti bahwa planet kerdil keras kepala memegang rahasia, bahkan New Horizons harus cepat mendekat untuk membongkarnya.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…