Langsung ke konten utama

Virus Ebola Kembali Muncul di Liberia

Tutorial Penelitian ~ Kasus baru Ebola muncul di Liberia, virus mematikan datang kembali ke Liberia lebih dari sebulan setelah negara tersebut mengumumkan bebas virus.

Seorang pria 17 tahun meninggal pada 29 Juni karena demam yang diperlakukan sebagai pengindap malaria. Sebagai bagian dari Ebola surveillance di Liberia, tim kesehatan menyapu area dan penguburan aman.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan 3 Juli lalu tes mengungkap pemuda itu meninggal karena Ebola. Dua dari 200 orang yang kontak dengan juga memiliki gejala Ebola dan membawa virus. Kontak lainnya sedang dipantau.

Liberia dinyatakan bebas Ebola 9 Mei setelah 42 hari tanpa kasus baru. Tidak diketahui bagaimana pemuda tersebut terinfeksi. Sampai hari ini 27.573 orang terjangkit Ebola dan 11.246 meninggal. Sebagian besar di Sierra Leone, Liberia dan Guinea.

Selama 5 minggu terakhir setidaknya 20-27 kasus baru per minggu di Guinea dan Sierra Leone dan minggu lalu ada 3 kasus lain di Liberia memberi peringatan virus masih tetap menggantung.


Sebuah laporan dikeluarkan 7 Juli oleh panel yang menganalisa respon global terhadap wabah Ebola mengatakan WHO dan negara-negara anggotanya harus melakukan perubahan untuk menjaga kesehatan masyarakat.

Negara-negara kaya bertemu di New York minggu ini untuk janji dana membangun kembali sistem kesehatan. Bantuan diberikan hanya dua pertiga dari kebutuhan hingga tahun 2018 yaitu US$2,1 miliar.

Di luar itu, dunia berada dalam ancaman wabah menular kecuali sistem kesehatan semakin baik pada 28 negara lebih di mana memiliki situasi mirip dengan 3 negara pendemi Ebola.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…