Skip to main content

Manajemen Waktu Penelitian : Penetapan Target dan Objek

Tutorial Penelitian ~ Langkah pertama dalam merencanakan pengelolaan waktu penelitian adalah mengatur tujuan keseluruhan tetapi diurai secara spesifik.

Tentu saja target keseluruhan cukup mudah dinyatakan dalam sebaris kalimat yaitu "Saya berhasil menyelesaikan proyek penelitian". Tapi dalam rangka untuk mengatur waktu, Anda perlu mendekonstruksi.

Tujuan keseluruhan dijabarkan dalam hirarki sub-sub objek, sasaran dan membagi waktu untuk masing-masing sub-sub tersebut. Langkah pertama adalah memecah waktu ke dalam daftar target dan objek.

Di bawah ini tabel contoh fiktif sederhana penelitian sosial untuk membantu Anda melakukannya. Daftar berisi tiap-tiap proses kerja. Daftar Anda sendiri tentunya lebih panjang dan lebih rinci bersama tenggat waktu sesuai proyek penelitian.


Tinjauan pustaka diisi dengan aktivitas mencari sumber literatur yang relevan, merangkum literatur dan menyusun ikhtisar. Menyususn bibliografi dengan menyiapkan software dan menulis ulasan akhir.

Target instrumen penelitian berupa kuesioner berisi aktivitas desain, try out yaitu uji validitas dan reliabiltas, penyebaran dan tabulasi hasil. Kemudian memilih dan instal software, uji coba dan disusul analisis data.

Target selanjutnya menulis naskah skripsi, tesis, disertasi atau laporan lainnya diisi dengan meninjau ulang tujuan awal, menulis analisis dan temuan, menulis kesimpulan lengkap, melengkapi final proof read dan mencetak.

Sekian dulu tutorial pengelolaan waktu penelitian. Tips-tips yang lain dijelaskan dalam tutorial selanjutnya. Ikuti terus update tutorial Manajemen Waktu Penelitian. Selamat Meneliti!
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,