Langsung ke konten utama

Negara Maju atau Mundur? Lihat Persentase Anggaran Sains

Tutorial Penelitian ~ Maju mundurnya sebuah bangsa ditentukan oleh kemauan bangsa tersebut berinvestasi untuk pengembangan sains dan teknologi.

Banyak negara menutup mata hal ini dan enggan serius mengurus ilmu pengetahuan. Sebaliknya beberapa negara bahkan datang makin dekat dengan target persentase pembelanjaan terhadap GDP.

Penasihat ilmiah untuk PBB melaporkan investasi besar-besaran di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak pada kemampuan suatu negara keluar dari kemiskinan dan tangguh menghadapi krisis.

Bagi sebagian besar negara, investasi 1 persen dari output ekonomi keseluruhan untuk R&D dianggap target terlalu tinggi. Tapi the Scientific Advisory Board PBB mengatakan 3,5 persen adalah besaran ideal.

"Jika negara-negara ingin memutus siklus kemiskinan, mereka harus menyiapkan investasi dengan ambisius," tulis laporan itu yang dilansir Bloomberg.

Data Bank Dunia tahun 2012 hanya segelintir negara mencapai target 3,5 persen. Tak diragukan lagi urutan pertama adalah Israel yang mengelontorkan lebih dari 4 persen dari GDP.

Di urutan kedua Finlandia disusul Korea Selatan, Swedia dan Jepang. Kedudukan Indonesia sangat memprihatinkan bahkan di bawah negara kecil seperti Sri Lanka dan Tajikistan.

Credit: World Bank/Bloomberg

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…